Pangdam IM Rapat dengan Panglima TNI, Bahas Penerapan Prokes Covid-19 dan Pilkada Serentak

Pangdam IM Rapat dengan Panglima TNI, Bahas Penerapan Prokes Covid-19 dan Pilkada Serentak

Banda Aceh, acehbisnis.com - Panglima Kodam Iskandar Muda (Pangdam IM) Mayjen TNI Hassanudin, S.I.P., M.M., mengikuti rapat tentang penerapan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 di 34 Provinsi dan Pilkada Serentak di 270 Daerah, secara virtual di Puskodal Makodam IM, Senin (28/9/2020). 

Rakor yang dilaksanakan melalui konferensi video itu dipimpin langsung oleh Panglima TNI, Marsekal TNI Dr. Hadi Tjahjanto, S.I.P., dan diikuti oleh seluruh jajaran TNI. 

Dalam Rakor tersebut, Panglima TNI memberikan beberapa penekanan kepada jajarannya untuk dapat diterapkan di satuan wilayah masing-masing. 

“Kalau kita cermati, tugas kita TNI cukup banyak, di antaranya percepatan penanganan Covid-19 dan melaksanakan pengamanan Pilkada serentak tahun 2020,” ujar Panglima TNI.

Dalam hal penanganan Covid-19, kata Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, TNI melaksanakan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2020, di antaranya pertama adalah melalui sosialisasi, pembinaan, penekanan 3M (Mencuci tangan, Memakai masker dan Menjaga jarak) di tengah masyarakat. 

“Ini merupakan upaya kita bagaimana mengajak masyarakat untuk benar-benar memahami dan mematuhi terkait 3M tersebut,” ujar Panglima TNI. 

Kedua, tugas TNI adalah membantu Pemda, KPU, Bawaslu, selama tahapan Pilkada dengan hal tugas pengamanan dan memastikan netralitas TNI dalam pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020. 

“Ketiga, membantu pelaksanaan 3T (Tersting, Tracing dan Treatment). Kita optimis membantu komite yang saat ini bekerja, ada beberapa tanggung jawab kita. Saya yakin, rumah sakit di seluruh Indonesia juga menjadi tanggung jawab kita,” ungkap Panglima TNI. 

Panglima TNI juga mengimbau kepada seluruh komandan satuan untuk selalu mengingatkan prajuritnya untuk selalu menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penularan Covid-19 di lingkungan TNI. Selanjutnya adalah membantu pemerintah dalam membangun ketahanan pangan. 

“Beberapa bulan lalu seluruh jajaran sudah melakukan penanaman di lahan-lahan yang tidak produktif, saya lihat semua telah mulai menanam,” imbuhnya. 

Terakhir, Panglima TNI memerintahkan agar mengoptimalkan tugas yang diamanatkan sesuai Inpres No.6 tahun 2020. 

“Terus bangun koordinasi dengan Polri, Pemda dan instansi terkait. Masifkan kampanye 3M dengan melibatkan tokoh masyarakat, ini sangat penting, tokoh agama, serta membantu Polri dalam penegakan kedisiplinan masyarakat secara lebih tegas.

Intensifkan pendekatan dengan kearifan lokal untuk menekan hati dan pikiran rakyat sebagai modal utama mencapai keberhasilan operasi,” ujarnya.

Turut hadir mendamping Pangdam Iskandar Muda, Asintel Kasdam IM, Asops Kasdam IM, Aspers Kasdam IM, dan Kakesdam IM.