Pangdam IM Paparkan Hal Ini Saat Rakor Bersama Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Nasional

Pangdam IM Paparkan Hal Ini Saat Rakor Bersama Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Nasional

Banda Aceh, acehbisnisnis.com - Panglima Kodam Iskandar Muda (Pangdam IM) Mayjen TNI Hassanudin, S.I.P., M.M., menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Penanganan Covid-19 dan Pemberian Bantuan oleh Kepala BNPB di Kantor Gubernur Aceh, Sabtu (26/9/2020).

Rapat ini dipimpin langsung oleh Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Nasional yang juga merupakan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Doni Monardo, dan Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah.

Sebelumnya, Pangdam IM juga menyambut langsung Kepala BNPB bersama rombongan di Bandara Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar.

Dalam Paparannya, Pangdam IM menyampaikan beberapa langkah-langkah yang telah dilakukan Kodam IM dalam hal menyikapi perkembangan kasus Covid-19 di Aceh.

Pertama, Kodam IM telah menyiapkan Rumah Sakit Kesdam IM sebagai rumah sakit rujukan bagi pasien Covid-19 di Aceh.

Kedua, Kodam IM juga tengah mempersiapkan dua Laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk penanganan pasien Covid-19 di Aceh.

“Perlu kami laporkan kepada Bapak, kami sudah membangun dua Lab PCR dan sudah selesai. Satu di Lhokseumawe dan satu lagi di RS Kesdam, Banda Aceh. Satu lagi kami rencanakan di Meulaboh,” ujar Pangdam IM.

Selain itu, Kodam IM juga telah menyiapkan tempat isolasi pasien Orang Tanpa Gejala (OTG) Covid-19 di Rusun Yonif Raider 112/DJ, Aceh Besar.

“Kami juga sudah menyiapkan fasilitas ruang isolasi, terdiri dari 33 kamar, dari tiga  lantai, masing-masing 11 kamar. Fasilitas ini sudah bisa digunakan dan kondisinya sangat baik,” ungkap Panglima.

Panglima menambahkan, saat ini pihaknya juga tengah menerapkan pilot project pendisiplinan protokol kesehatan di tiap masjid kabupaten/kota di Aceh, dan hasilnya telah terlaksana dengan baik.

Di Akhir paparannya, Panglima berharap agar Aceh diberikan dukungan Lab PCR supaya penanganan sampel swab pasien lebih cepat.

“Kami selalu bersama-sama (kolaborasi) sesuai dengan peran fungsi kami, dan selalu bekerja untuk masyarakat semuanya. Mudah-mudahan apa yang kita kerjakan senantiasa mendapat ridha Allah-SWT,” pungkasnya.

Turut hadir dalam rapat tersebut, Sekda aceh, Kapolda Aceh, Kajati Aceh, Ketua MAA, Inspektur Utama BNPB, Wakil Ketua Gugus Tugas Covid-19, Kepala BPBA, Kapok Sahli Pangdam IM, Para Asisten Sekda Aceh, Asops Kasdam IM, dan Aslog Kasdam IM.