Nova: Mitigasi Bencana Jadi Prioritas Pemerintah Aceh

Nova: Mitigasi Bencana Jadi Prioritas Pemerintah Aceh
Nova Iriansyah

Banda Aceh - Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengakui bahwa Aceh merupakan daerah yang rawan terjadinya bencana alam.

Dikatakannya, Pemerintah Aceh melalui Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) telah mencatat, sepanjang tahun 2019 ini setidaknya ada 693 bencana yang melanda Aceh, seperti tanah longsor, banjir luapan, banjir bandang, kebakaran hutan, dan gempa.

"Kemudian, ada fenomenan alam yang terjadi 15 tahun lalu, itu peristiwa alam yang sangat dahsyat, dan mengakibatkan kerusakan yang luar biasa. Setelah itu, ada gempa di Gayo, puting beliung Bener Meriah, banjir di Tangse, gempa di Pidie Jaya. Fakta ini menjadi bukti bahwa bencana memang akrab dengan daerah kita,"ujar dia.

Untuk itu, kata dia, Pemerintah Aceh menempatkan program upaya penanggulangan dan pengurangan dampak resiko bencana menjadai salah satu prioritas dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM). "Maka ke depan, anggaran pun yang kita alokasikan untuk pengurangan resiko bencana akan kita tingkatkan,"ungkap Nova.

"Kita berharap, perguruan tinggi terus melakukan riset, sehingga skema-skema tentang penanggulangan bencana betul-betul dapat memberi manfaat untuk masyarakat Aceh,"ujar Nova saat menjadi pembicara pada acara Muzakarah Kebencanaan Cendikiawan Muslim I di Banda Aceh, Rabu (18/12)

Sementara itu, Rektor Universitas Syiah Kuala Samsul Rizal mengatakan, pengetahuan tentang mitigasi bencana perlu disebarkan kepada seluruh masyarakat Aceh.

Untuk menyukseskan agenda tersebut, kata dia, maka semua pihak di Aceh mulai dari pemerintah, ulama dan akademisi harus bersinergi.

"Oleh karena itu, melalui agenda ini Unsyiah mempertemukan pemerintah dan ulama untuk melakukan pembahasan upaya peningkatan kesadaran dan kesegiaan masyarakat dalam menghadapi bencana,"ujar Samsul.

"Pada kesempatan ini, kita berharap ulama, umara, dan akademisi memberikan rekomendasinya terkait upaya mengurangi dampak resiko bemcana,"kata Samsul.()