Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar AS Hari Ini, 15 Januari 2020

Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar AS Hari Ini, 15 Januari 2020
Ilustrasi rupiah. (CNN Indonesia/Hesti Rika)

Jakarta - Analis PT Monex Investindo Futures Faisyal mengatakan bahwa mata uang garuda dihantui aksi ambil untung oleh investor setelah berhasil menyentuh level tertingginya sejak Februari 2018.

Kendati demikian, rupiah masih memimpin kinerja penguatan mata uang di Asia sepanjang tahun berjalan 2020, dengan bergerak naik 1,36% terhadap dolar AS.

"Secara teknikal memang sudah berada di area oversold, tetapi rupiah terlihat masih ada ruang untuk melanjutkan penguatannya lebih lanjut dan belum ada potensi untuk berbalik melemah," ujar Faisyal saat dihubungi Bisnis, Selasa (14/1/2020).

Rupiah masih dikelilingi sentimen positif seperti penandatanganan kesepakatan dagang tahap pertama AS dan China, meredanya ketegangan AS dan Iran di Timur Tengah, dan data ekonomi dalam negeri yang berhasil dirilis positif.

Nilai tukar rupiah gagal mempertahankan posisinya untuk bergerak di zona hijau pada perdagangan Selasa (14/1/2020) seiring dengan kecenderungan pasar untuk melakukan aksi ambil untung.

Berdasarkan data Bloomberg, rupiah ditutup di level Rp13.680 per dolar AS, melemah tipis 0,051% atau 8 poin. Pada pertengahan perdagangan, rupiah sempat menyentuh level tertingginya Rp13.642 per dolar AS.