Niat Puasa Ayyamul Bidh dan Keutamaan Serta Manfaatnya Bagi Tubuh

Niat Puasa Ayyamul Bidh dan Keutamaan Serta Manfaatnya Bagi Tubuh
Niat Puasa Ayyamul Bidh, manfaat dan keutamannya (Foto: Ilustrasi Mindra Purnomo/detikcom)

Jakarta - Puasa Ayyamul Bidh bulan Jumadil Awal jatuh pada Rabu, Kamis dan Jumat pekan ini. Puasa ini dilakukan hanya tiga hari setiap pertengahan bulan yakni 13, 14, dan 15 dalam sistem kalender Qomariyah.

Puasa Ayyamul Bidh hukumnya sunah dan disebut juga puasa putih. Sebab pada tanggal 13,14, dan 15 dalam kalender Qomaariyah bulan sedang terang benderang menuju purnama sehingga tampak putih.

Tata cara melakukan puasa ayyamul bidh sama dengan puasa lainnya yakni mulai waktu imsyak saat terbit fajar hingga terbenam matahari di waktu Maghrib. Tentunya diawali dengan niat.

Berikut niat puasa Ayyamul Bidh beserta artinya:

┘å┘Ä┘ê┘Ä┘è┘ÆϬ┘Å ÏÁ┘Ä┘ê┘Æ┘à┘Ä Ïº┘Ä┘è┘æ┘ÄϺ┘à┘Ä Ïº┘Æ┘äÏ¿┘É┘è┘ÆÏÂ┘É Ï│┘Å┘å┘æ┘ÄÏ®┘ï ┘ä┘É┘ä┘ç┘É Ï¬┘ÄÏ╣┘ÄϺ┘ä┘Ä┘ë

Nawaitu Sauma Ayyaamal Bidh Sunnatan Lillaahi Ta'ala.

Artinya: "Saya niat puasa pada hari-hari putih, sunnah karena Allah ta'ala."

Ustaz Wahyul Afif Al Ghafiqi seperti dikutip dari CNN.com menyebutkan beberapa keutamaan puasa Ayyamul Bidh. Salah satunya, apabila rutin mengerjakan setiap bulan, maka pahala ibadah ini sama dengan orang berpuasa selama satu tahun penuh.

Selain itu ahli puasa, termasuk puasa Ayyamul Bidh juga akan mendapatkan pintu khusus untuk masuk surga saat di akhirat nanti, yakni melalui pintu Ar-Rayyan. Bagi kesehatan, puasa Ayyamul Bidh banyak memberikan manfaat.

Puasa Ayyamul Bidh dapat bermanfaat untuk detoksifikasi tubuh atau proses pembuangan racun. Racun dikeluarkan dari dalam tubuh melalui keringat, urine, atau saat buang air besar. Tubuh pun akan sehat dengan terbuangnya racun-racun dalam tubuh.

Rutin melaksanakan puasa dapat mengurangi kadar lemak dalam tubuh. Sebab saat berpuasa, energi dalam tubuh dihasilkan oleh pembakaran sisa glukosa dalam tubuh. Jadi selain mendapat pahala, puasa juga dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Puasa ayyamul bidh juga bisa meningkatkan kekebalan atau imunitas tubuh. Agar sistem imunitas tubuh meningkat, dianjurkan untuk makan makanan bergizi. Selain itu Selama kita puasa, saluran pencernaan kita beristirahat sejenak. Setelah berbuka puasa, saluran pencernaan kita dapat bekerja lebih optimal lagi.