Nasihat Umar bin Khattab buat Orang Sombong dan Banyak Omong

Nasihat Umar bin Khattab buat Orang Sombong dan Banyak OmongMgIt03
Nasihat Umar bin Khattab buat Orang Sombong dan Banyak Omong. Foto: Ilustrasi Sahabat Nabi

Jakarta, Acehbisnis.com - Umar bin Khattab adalah seorang pemimpin yang rendah hati. Meskipun, dia adalah seorang pemimpin yang sangat tegas menegakkan aturan.

Mengenai kerendahan hatinya ini, dikisahkan, Umar memikul tempat air di pundaknya sendiri.

Sahabat-sahabatnya bertanya, "Mengapa tuan memikul ini sendiri?"

Umar menjawab, "Saya merasa bahwa diriku telah merasa sombong, lalu saya memikul air ini untuk menundukkannya."

Umar sangat tidak menyukai kesombongan. Dikisahkan, pada suatu saat Umar bin Khattab bertemu dengan dua orang laki-laki yang saling menyombongkan diri. Umar berkata kepada mereka,

"Kalau saja kalian adalah orang yang bertakwa, maka harus benar-benar bertakwa. Seandainya ada hitang di antara kalian, hitunglah! Jika kalian berakal, mestinya menjaga harga diri. Apabila kalian punya harta dan biasa mendermakannya niscaya kalian mendapat kemuliaan. Kalau tidak ada di antara smeua itu, maka kalian lebih parah dari dua ekor keledai. Kalau saya masih melihat kalian saling menyombongkan diri seperti ini, saya akan melagakan kepala kalian berdua."

Sementara terhadap orang yang banyak bicara, dikisahkan ada seorang laki-laki yang mendatangi Umar dan berbicara terlalu banyak. Umar bin Khattab lalu berkata kepadanya, "Terlalu banyak bicara disenangi setan."

Umar bin Khattab RA merupakan sosok yang mulia dan agung. Dalam sebuah riwayat disebutkan:

حَدَّثَنَا أَبُو سَلَمَةَ يَحْيَى بْنُ خَلَفٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْأَعْلَى عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِسْحَقَ عَنْ مَكْحُولٍ عَنْ غُضَيْفِ بْنِ الْحَارِثِ عَنْ أَبِي ذَرٍّ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِنَّ اللَّهَ وَضَعَ الْحَقَّ عَلَى لِسَانِ عُمَرَ يَقُولُ بِهِ


Telah menceritakan kepada kami Abu Salamah Yahya bin Khalaf berkata, telah menceritakan kepada kami Abdul A'la dari Muhammad bin Ishaq dari Makhul dari Ghudlaif bin Al Harits dari Abu Dzar ia berkata; Aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Sesungguhnya Allah meletakkan kebenaran pada lisan Umar yang senantiasa dia ucapkan."

Sumber: Sang Legenda Umar bin Khattab / Yahya bin Yazid Al Hukmi Al Faifi

Sumber:Republika
WTP Pemkab Pidie