Mulai Hari Ini, Posko Gugus Percepatan Covid-19 Abdya Diaktifkan

Mulai Hari Ini, Posko Gugus Percepatan Covid-19 Abdya Diaktifkan
Drs Amiruddin

Blangpidie, Acehbisnis.com - Mulai Hari ini Selasa (24/3/2020) sekitar pukul 14.00 Wib, Posko Gugus Percepatan dan Pencegahan Virus Corona (Covid-19) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) akan diaktifkan di Kecamatan Lembah Sabil dekat Jembatan Krueng Baru.

"Posko Gugus cuma satu yakni di perbatasan Abdya dengan Aceh Selatan atau dekat jembatan Krueng Baru,"ucap Drs Amiruddin, Ketua Gugus Percepatan dan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Abdya kepada Wartawan Selasa (24/3/2020) di Kantor BPBK setempat.

Alasan mendirikan Posko di perbatasan kedua kabupaten itu sebut Amiruddin karena banyak orang dari luar daerah misalkan Medan Sumatera Utara masuk lewat jalur tersebut.

"Ya, karena banyak masyarakat dari luar melewati jalur itu. Beda dengan perbatasan Nagan Raya,"katanya.

Amiruddin yang juga Ketua BPBK Abdya juga mengatakan, tujuan pendirian posko dimaksud intinya untuk melakukan mengecek masuknya pendatang luar dan warga dari Abdya yang mau bepergian keluar daerah akan dicek. Apakah mungkin terjangkit atau tidak.

"Nanti kita gunakan alat pengukur suhu. Di sana nanti kita juga akan lakukan sosialisasi seruan bersama Pemkab Abdya biar warga mengetahuinya,"ucap Amiruddin.

Kemudian katanya Abdya juga memiliki Bandara Kuala Batu, yang tentunya akan ada warga yang berdatangan sehingga harus dilakukan pencegekan suhu tubuh. Kalau suhu diatas 38-40 langsung dibawa ke Puskesmas terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut.

"Posko ini akan aktif 24 jam. Kapan berakhir posko saya tidak tahu kecuali Virus Corona telah hilang, artinya tidak menentu,"kata Amiruddin.

Ia juga mengatakan, berbagai upaya sudah dilakukan untuk pencegahan Covid-19 itu termasuk pihak Gugus juga sudah menyurati warga keturunan China bila ingin pergi keluar daerah atau luar negeri agar melaporkan kepada mereka dan instansi terkait seperti Dinas Kesehatan.

Artinya dengan adanya posko ini warga sudah bisa melaporkan bila menemukan adanya kedatangan warga dari luar atau adanya warga Abdya baru pulang dari luar negeri seperti Malaysia dan negara lainnya.

Kemudian kata Amiruddin, pihak gugus juga akan melakukan sosialisasi ke Mesjid dan warung kopi terkait pencegahan Covid-19 tersebut.()

HUT ACEH BISNIS BANK ACEH