Motor Listrik Ini Mirip Ducati Monster dalam Versi Mini

Motor Listrik Ini Mirip Ducati Monster dalam Versi Mini
Okinawa Scooters rilis motor listrik bergaya Ducati Monster. (Financial Express)

Jakarta, Aceh Bisnis - Okinawa Scooters memberi bocoran bahwa mereka bakal merilis produk baru dalam waktu dekat. Menariknya, model yang bakal dirilis ini bukan lah skuter, melainkan motor listrik bernama 'Oki100' yang tongkrongannya mirip Ducati Monster namun dalam versi mini.

Unit anyar yang ingin diluncurkan ini sebetulnya sudah pernah dikenalkan sebelumnya. Mulanya masih dalam bentuk konsep dan muncul di Auto Expo 2018. Ia dijadwalkan mengaspal pada Desember 2020.

Tapi sayang, pendemi Covid-19 membuat dirinya tertahan. Dari informasi yang tersiar, April mendatang menjadi moment penting bagi Okinawa Autotech Pvt. Ltd. Lantaran Oki100 merupakan sepeda motor listrik pertama untuk perusahaan manufaktur roda dua listrik asal India.

Sesuai gambar teaser, menunjukkan siluet yang sangat familiar dengan naked bike asal Italia. Ya, secara visual benar menyerupai Ducati Monster versi mini.

Headlamp berbentuk oval, tangki bahan bakar punya wujud bulat dengan lubang ventilasi di bagian ujung, serta rangka teralis berwarna merah. Kontur jok dan buritan juga punya kemiripan.

Ia seperti diperkecil lima puluh persen dari Ducati Monster 796. Tentu saja, Oki100 tidak memiliki swingarm satu sisi yang mencolok.

Menyangkut ukuran dan dimensi keseluruhan motor, mungkin hanya sebesar Honda Grom atau Monkey. Dirancang sebagai motor perkotaan kecil yang nyaman. Pabrikan menciptakan Oki100 memang tidak berfokus pada kecepatan.

Mereka lebih mengutamakan sebagai kendaraan yang bisa melaju di jalan raya dengan baik dan memiliki handling menyenangkan.

Dibanding versi prototipe, model yang ingin diproduksi massal tampak ada perbedaan. Ada beberapa komponen yang diganti, mungkin salah satu upaya pabrikan agar biaya tetap terjangkau.

Misal, indikator belok LED telah disingkirkan dan diganti oleh unit halogen konvensional. Perusahaan sebelumnya juga mengkonfirmasi bahwa Oki100 bakal menawarkan fitur konektivitas dengan aplikasi smartphone khusus.

Namun sampai sekarang belum ada informasi detail mengenai hal itu. Tapi bisa dipastikan kalau panel instrumen sudah berteknologi full digital.

Mengikuti postur tubuh yang bantat, rodanya pakai model kombinasi, 12 inci depan dan 10 inci belakang. Dilengkapi suspensi depan upside down dan unit monoshock di belakang. Kemungkinan dibekali rem cakram di kedua roda dan juga ABS satu channel.

Performa dan Harga

Dalam hal spesifikasi teknis, kendaraan listrik merek Okinawa ini membawa baterai lithium-ion yang dapat dilepas. Meski angka performa resmi belum terungkap, The Silent Beast diklaim memiliki jangkauan hingga 150 km dari baterai yang sudah terisi penuh. Dan kecepatan tertinggi 100 km/jam, sesuai namanya, Oki100.

Sebagai referensi, prototipe yang dipamerkan pada 2018 ditenagai paket baterai 60 Ah 73V. Mampu mengisi daya dalam dua jam melalui fast charger. Motor penggeraknya bisa menghasilkan tenaga sebesar 3,3 hp.

Okinawa mengisyaratkan bahwa versi produksi akhir kemungkinan memiliki kombinasi baterai dan motor yang berbeda, tetapi angka kinerja utama tetap utuh.

Di lain sisi, hal yang menarik dari produk anyar ini yaitu sel baterai dan semua komponen lainnya dibuat secara lokal. Kendaraan model anyar itu kuat dugaan dibuat di Kawasan Industri RIICO, Rajasthan, India. Dan besar kemungkinan diluncurkan pada akhir April atau Mei 2020.

Banyak yang menyebut kalau Okinawa Oki100 alias The Silent Beast dibanderol sekitar Rs 1,10 lakh atau sekitar Rp 21,5 juta. Di negaranya ia menjadi pesaing sepeda motor listrik Revolt RV400.

Untuk diketahui, produsen kendaraan roda dua listrik yang beroperasi di India, kebanyakan mengambil basis dari Cina. Okinawa pun termasuk.

Beberapa produknya terlihat sangat mirip dengan skuter yang dijual oleh Zhejiang Luyuan Electric Scooter Co. Ltd di Cina. Jika Anda menelusuri kedua situs web perusahaan, Anda bisa menemukan skuter yang sama. Contohnya seperti Praise Pro dan Praise yang dimiliki Okinawa.