MotoGP 2021: Valentino Rossi-Franco Morbidelli Pamer Motor Baru Petronas Yamaha

MotoGP 2021: Valentino Rossi-Franco Morbidelli Pamer Motor Baru Petronas Yamaha
Peluncuran tim Petronas Yamaha SRT dengan dua pebalapnya, Valentino Rossi dan Franco Morbidelli Foto: Petronas Yamaha SRT

Jakarta, Aceh Bisnis - Petronas Yamaha SRT memamerkan motor balap baru mereka untuk mengarungi MotoGP 2021. Tak lupa sekaligus memperkenalkan duo pebalapnya, Valentino Rossi dan Franco Morbidelli yang dilakukan secara virtual, Senin (1/3/2021).

Petronas Yamaha SRT meluncurkan motor dengan warna khas mereka, hitam dan pirus atau toska persis dengan corak musim lalu seperti yang digunakan Franco Morbidelli pada musim 2019 dan 2020. Untuk musim ini, motornya tetap diberi nama YZR-M1.

Dalam acara itu juga diperkenalkan dua line-up pebalap Petronas SRT Yamaha dengan Valentino Rossi sebagai gacoannya didampingi Franco Morbidelli. Ya, seperti diketahui, Fabio Quartararo menggantikan tempat Valentino Rossi di tim Factory Yamaha.

Ini pertama kalinya sejak kembali ke Yamaha dari Ducati pada 2013, Rossi berganti tim dan dia belum menjadi pembalap satelit sejak 2001.

"Ini pengalaman baru dan saya tidak sabar menunggu!" kata Rossi saat peluncuran tim dalam situs MotoGP, Senin (1/3/2021).

"Saya suka motor baru, helm dan livery-nya. Saya ingin kompetitif, berjuang untuk podium, berjuang untuk memenangkan balapan dan juga berjuang untuk posisi yang baik di klasemen Kejuaraan Dunia."

"Kami semua sangat fokus pada target kami untuk membuat yang terbaik semampu kami. Saya pikir berduet dengan Franco, kami adalah pasangan pembalap yang sangat menarik karena kami sangat mengenal satu sama lain. Seluruh tim memiliki banyak motivasi dan saya akan memberikan yang terbaik. maksimal untuk mencapai hasil terbaik bersama. Kami siap untuk memulai," jelas Rossi.

Sementara Rossi akan terus membalap motor spek pabrikan di Petronas tahun ini, sama seperti Quartararo dan Vinales yang ada di Monster Yamaha. Sedangkan Morbidelli akan tetap menggunakan mesin "A-Spec" M1.

"Livery YZR-M1 2021 mirip dengan dua tahun terakhir," kata Morbidelli.

"Yang berbeda dari tahun-tahun terakhir adalah rekan setim saya; saya berharap dan berharap ini akan menjadi musim yang hebat bagi saya dan Vale. Kami telah memiliki hubungan yang kuat selama bertahun-tahun dan kami akan belajar banyak dari satu sama lain," sambungnya.

"Target saya untuk 2021 adalah untuk menjadi lebih baik; meningkatkan diri saya sebagai pribadi, pembalap dan atlet. Saya tahu ini sulit dan sulit karena tahun lalu kami cukup cepat dan kami membuat balapan yang hebat dan meraih hasil yang luar biasa. Namun demikian, kami harus melakukannya. mencoba untuk meningkatkan dibandingkan dengan tahun 2020, jadi itulah tujuan saya, mencoba menjadi lebih baik dari tahun ke tahun,"

2021 jadi momentum kebangkitan Yamaha. Setelah 2020 jadi catatan manis bagi Franco Morbidelli. Ia membalap dengan spek motor lebih rendah dari ketiga pebalap Yamaha lainnya, tapi tampil paling ciamik dengan finis di tempat kedua pada klasemen akhir.

Pebalap Petronas SRT itu tampil sebagai runner-up MotoGP 2020. Morbidelli menyudahi musim dengan perolehan 158 poin, berjarak 13 poin saja dari pebalap Suzuki Joan Mir, yang merengkuh titel juara dunia.

Pada MotoGP 2020 yang menggelar 14 seri, Morbidelli meraih tiga kemenangan, jumlah terbanyak di antara para kontestan, sama dengan Fabio Quartararo. Rider Italia berdarah Brasil tersebut melengkapinya dengan tambahan dua kali finis di podium, dan tiga kali finis 10 besar.

"Kami menantikan musim depan, ingin memberikan kesempatan terbaik bagi Franco dan Valentino," kata kepala tim Razlan Razali.

"Bagi Franco, ini adalah kesempatan luar biasa untuk mencapai hal-hal yang lebih baik daripada musim gemilangnya di tahun 2020 dan untuk Valentino kami berharap tim baru akan memberinya kesempatan terbaik untuk memanfaatkan bakat dan keahliannya," jelas Razlan Razali.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by PETRONAS SRT (@sepangracingteam)

Sumber:detik.com