Miliki 77 Batang Ganja, Polres Abdya Ringkus Warga Kuala Batee

Miliki 77 Batang Ganja, Polres Abdya Ringkus Warga Kuala Batee
Foto: Istimewa

Blangpidie - Sat Narkoba Polres Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) meringkus JY (33) warga Gampong Drien Beurumbang Kecamatan Kuala Batee, karena dituding memiliki sabu dan 77 batang ganja yang ditanam di areal perkebunan sawit.

Kapolres Kabupaten Abdya AKBP Moch Basori,Sik dalam Konferensi Pers Jumat (14/2/2020) mengatakan, ditangkapnya warga tersebut berawal dari laporan penemuan ladang ganja di Desa Ie Mameh, Kecamatan Kuala Batee dengan luas kurang lebih 100 M3 (meter persegi) dengan jumlah barang bukti sebanyaknya 77 batang ganja milik tersangka.

"Barang bukti lainnya adalah ditemukan ada empat paket sabu siap edar yang disimpan di dalam tas dirumahnya dan satu unit Hp Merk Nokia,"sebut Moch Basori.

Kapolres Abdya itu juga menyebutkan bahwa dalam menjalankan aksinya, tersangka mengaku berjalan sendiri tanpa adanya keterlibatan orang lain. Sementara batang ganja yang ditemukan itu berumur sekitar 4 bulan dan dalam waktu dekat akan siap panen.

Ditanya jarak antara pemukiman warga dengan lokasi penanaman ganja. Kapolres mengaku jaraknya cukup jauh sekitar 4 Km, namun untuk kesana masih bisa diakses dengan sepeda motor.

Moch Basori juga menjelaskan, hingga kini langkah-langkah yang ditempuh pihaknya dalam perkara itu adalah membuat laporan polisi. Kemudian melakukan gelar perkara dan melakukan pemeriksaan ( BAP) tersangka dan saksi secara intensif serta mengumpulkan alat bukti pendukung Iainnya.

Akibat perbuatannya, kata Kapolres, tersangka dijerat dengan Pasal 111 ayat (2) sub pasal 112 Ayat (1) Sub Pasal 114 ayat (1) dari Undang Undang Namor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika dengan dipidana penjara paling singkat 4 (empat) tahun dan paling lama 20 tahun dan pidana denda paling sedikit Rp1.000.000.000, dan paling banyak Rp10.000.000.000.()