Menjajal PS5: Besar, Senyap, dan Super Cepat

Menjajal PS5: Besar, Senyap, dan Super Cepat
PS5. Foto: istimewa

Jakarta, Aceh Bisnis - PlayStation 5 atau PS5 telah diujicoba oleh beberapa media dan gamer di negara asalnya, Jepang. Kesan pertama menjajal konsol pesaing Xbox Series X itu pun pada umumnya positif.

Berikut rangkumannya seperti dikutip detikINET dari Business Insider, Jumat (9/10/2020):

Besar dan Senyap

Dari sisi luar, PS5 ukuran casingnya lebih besar di konsol lain termasuk PS4. Memang dari beberapa gambar yang sudah beredar, PS5 ukurannya gambot. Di sisi lain, konsol ini ternyata senyap, PS4 lebih bising.

"Ketika kami mencoba PS5, level kebisingan yang disebabkan kipas pendingin tidak terlalu kentara saat gameplay. Meski kami tidak secara tepat mengukur level suara dan hanya berdasarkan perasaan, kebisingan dari kipasnya terasa jauh lebih senyap dari PS4," ujar mereka.

Detail Game Memukau

PS4 basisnya Full HD dan bisa 4K, sedangkan PS5 basisnya 4K dan mampu 8K. Bahkan meskipun di taraf resolusi Full HD dan 4K, keragaman penampilan cahaya dalam adegan dan kepadatan detail di PS5 meningkat.

"Angka fps (frame per second) yang lebih tinggi menciptakan gameplay yang jauh lebih halus dan kualitasnya lebih baik. Baik game Godfall dan Astro's Playroom punya grafis yang halus dan detail, luar biasa melihat perbedaan antara PS5 dan PS4," imbuhnya.

Kecepatan Loading Ngebut

Peningkatan grafis bukan hanya satu-satunya peningkatan di PS5. Waktu loading speed pun melonjak di mana Sony mengklaimnya 100 kali lebih cepat ketimbang PS4. Artinya, waktu untuk memulai game jadi lebih pendek.

"Kami melihat bahwa memang ada manfaat dengan loading speed yang ditingkatkan karena game berlanjut jauh lebih cepat. Jarang Anda menunggu terlalu lama untuk game lanjut lagi. PS5 memakai SSD storage cepat, yang juga sumber panas, yang mungkin jadi alasan kenapa bodinya besar untuk melepas panas lebih senyap," katanya.

Kontroller DualSense Menyenangkan

Kontroller PS5 yang dinamakan DualSense desainnya berbeda, demikian pula kemampuannya, walau secara fisik seperti kontroler pada umumnya. Walau saat dipegang sama saja seperti memegang kontroller PS4, vibrasi dan suara yang disajikan lebih canggih dan lebih variatif.

"Di Astro's Playroom, karakter utama Astro Bot bergerak di setting berbeda dan Anda bisa tahu dari getaran di kontroller soal apakah lantainya dari metal, plastik, atau pasir. Anda juga bisa tahu beda antara berjalan dan berlari, atau skating di es, karena vibrasinya beda," imbuhnya.

Dalam game Godfall, jika Anda memegang perisai di tangan kiri dan pedang di tangan kanan kemudian memblok serangan, maka getaran tajam hanya terasa di sisi kiri. Saat menyerang dengan pedang, getaran terasa di sisi kanan.

Selain itu, tombol trigger pun menyajikan perbedaan. Tekanan pada tombol yang biasa dikendalikan dengan jari tengah itu bisa berbeda-beda tergantung pada gameplay yang disajikan.

Pendek kata, PS5 menyajikan banyak hal yang cukup jauh berbeda dari PS4, baik dari sisi desain maupun pengalaman ngegame.

Sumber:detik.com
Iklan Kelender event 2021 Disbudpar aceh