Masyaallah! Menggauli Istri Ternyata Berpahala, Ini Adab Bercinta dalam Islam

Masyaallah! Menggauli Istri Ternyata Berpahala, Ini Adab Bercinta dalam Islam
Foto: iStock/Masyaallah! Menggauli Istri Ternyata Berpahala, Ini Adab Bercinta dalam Islam

Jakarta - Setiap perbuatan baik yang dilakukan seorang muslim bisa menjadi sumber pahala, termasuk bercinta dengan istri. Untuk para suami, menggauli istri adalah sedekah atau shodaqoh seperti dalam hadist.

Hadist yang diriwayatkan Muslim ini, dikutip dari buku Ihya'Ulumiddin dari Imam Al-Ghazali.

Ï╣┘Ä┘å┘Æ Ïú┘ÄÏ¿┘É┘ë Ï░┘ÄÏ▒┘ì┘æ Ïú┘Ä┘å┘Ä┘æ ┘å┘ÄϺÏ│┘ïϺ ┘à┘É┘å┘Æ Ïú┘ÄÏÁ┘ÆÏ¡┘ÄϺϿ┘É Ïº┘ä┘å┘Ä┘æÏ¿┘É┘ë┘É┘æ -ÏÁ┘ä┘ë Ϻ┘ä┘ä┘ç Ï╣┘ä┘è┘ç ┘êÏ│┘ä┘à- ┘é┘ÄϺ┘ä┘Å┘êϺ ┘ä┘É┘ä┘å┘Ä┘æÏ¿┘É┘ë┘É┘æ -ÏÁ┘ä┘ë Ϻ┘ä┘ä┘ç Ï╣┘ä┘è┘ç ┘êÏ│┘ä┘à- ┘è┘ÄϺ Ï▒┘ÄÏ│┘Å┘ê┘ä┘Ä Ïº┘ä┘ä┘Ä┘æ┘ç┘É Ï░┘Ä┘ç┘ÄÏ¿┘Ä Ïú┘Ä┘ç┘Æ┘ä┘ŠϺ┘äÏ»┘Å┘æϽ┘Å┘êÏ▒┘É Ï¿┘ÉϺ┘äÏú┘Åϼ┘Å┘êÏ▒┘É ┘è┘ÅÏÁ┘Ä┘ä┘Å┘æ┘ê┘å┘Ä ┘â┘Ä┘à┘ÄϺ ┘å┘ÅÏÁ┘Ä┘ä┘É┘æ┘ë ┘ê┘Ä┘è┘ÄÏÁ┘Å┘ê┘à┘Å┘ê┘å┘Ä ┘â┘Ä┘à┘ÄϺ ┘å┘ÄÏÁ┘Å┘ê┘à┘Å ┘ê┘Ä┘è┘ÄϬ┘ÄÏÁ┘ÄÏ»┘Ä┘æ┘é┘Å┘ê┘å┘Ä Ï¿┘É┘ü┘ÅÏÂ┘Å┘ê┘ä┘É Ïú┘Ä┘à┘Æ┘ê┘ÄϺ┘ä┘É┘ç┘É┘à┘Æ. ┘é┘ÄϺ┘ä┘Ä ┬½ Ïú┘Ä┘ê┘Ä┘ä┘Ä┘è┘ÆÏ│┘Ä ┘é┘ÄÏ»┘Æ Ï¼┘ÄÏ╣┘Ä┘ä┘Ä Ïº┘ä┘ä┘Ä┘æ┘ç┘Å ┘ä┘Ä┘â┘Å┘à┘Æ ┘à┘ÄϺ Ϭ┘ÄÏÁ┘Ä┘æÏ»┘Ä┘æ┘é┘Å┘ê┘å┘Ä ÏÑ┘É┘å┘Ä┘æ Ï¿┘É┘â┘Å┘ä┘É┘æ Ϭ┘ÄÏ│┘ÆÏ¿┘É┘èÏ¡┘ÄÏ®┘ì ÏÁ┘ÄÏ»┘Ä┘é┘ÄÏ®┘ï ┘ê┘Ä┘â┘Å┘ä┘É┘æ Ϭ┘Ä┘â┘ÆÏ¿┘É┘èÏ▒┘ÄÏ®┘ì ÏÁ┘ÄÏ»┘Ä┘é┘ÄÏ®┘î ┘ê┘Ä┘â┘Å┘ä┘É┘æ Ϭ┘ÄÏ¡┘Æ┘à┘É┘èÏ»┘ÄÏ®┘ì ÏÁ┘ÄÏ»┘Ä┘é┘ÄÏ®┘î ┘ê┘Ä┘â┘Å┘ä┘É┘æ Ϭ┘Ä┘ç┘Æ┘ä┘É┘è┘ä┘ÄÏ®┘ìÏÁ┘ÄÏ»┘Ä┘é┘ÄÏ®┘î┘ê┘ÄÏú┘Ä┘à┘ÆÏ▒┘î Ï¿┘ÉϺ┘ä┘Æ┘à┘ÄÏ╣┘ÆÏ▒┘Å┘ê┘ü┘É ÏÁ┘ÄÏ»┘Ä┘é┘ÄÏ®┘î ┘ê┘Ä┘å┘Ä┘ç┘Æ┘ë┘î Ï╣┘Ä┘å┘Æ ┘à┘Å┘å┘Æ┘â┘ÄÏ▒┘ì ÏÁ┘ÄÏ»┘Ä┘é┘ÄÏ®┘î ┘ê┘Ä┘ü┘É┘ë Ï¿┘ÅÏÂ┘ÆÏ╣┘É Ïú┘ÄÏ¡┘ÄÏ»┘É┘â┘Å┘à┘Æ ÏÁ┘ÄÏ»┘Ä┘é┘ÄÏ®┘î

Artinya: Dari Abu Dzar RA, ia berkata, "Sesungguhnya sebagian dari para sahabat Rasulullah SAW berkata kepada Nabi Muhammad SAW, "Wahai Rasulullah, orang-orang kaya lebih banyak mendapat pahala, mereka mengerjakan shalat sebagaimana kami shalat, mereka berpuasa sebagaimana kami berpuasa, dan mereka bershodaqoh dengan kelebihan harta mereka". Nabi Muhammad SAW bersabda, "Bukankah Allah telah menjadikan bagi kamu sesuatu untuk bershodaqoh? Sesungguhnya tiap-tiap tasbih adalah shodaqoh, tiap-tiap tahmid adalah shodaqoh, tiap-tiap tahlil adalah shodaqoh, menyuruh kepada kebaikan adalah shodaqoh, mencegah kemungkaran adalah shodaqoh dan persetubuhan salah seorang di antara kamu (dengan istrinya) adalah shodaqoh." (HR Muslim).

Dalam hadist tersebut, Nabi Muhammad SAW juga mengingatkan pentingnya memilih tempat halal. Bercinta dengan pasangan yang sah tidak mendapat pahala, jika dilakukan di tempat yang masih diragukan kehalalannya.

┘é┘ÄϺ┘ä┘Å┘êϺ ┘è┘ÄϺ Ï▒┘ÄÏ│┘Å┘ê┘ä┘Ä Ïº┘ä┘ä┘Ä┘æ┘ç┘É Ïú┘Ä┘è┘ÄÏú┘ÆϬ┘É┘ë Ïú┘ÄÏ¡┘ÄÏ»┘Å┘å┘ÄϺ Ï┤┘Ä┘ç┘Æ┘ê┘ÄϬ┘Ä┘ç┘Å ┘ê┘Ä┘è┘Ä┘â┘Å┘ê┘å┘Å ┘ä┘Ä┘ç┘Å ┘ü┘É┘è┘ç┘ÄϺ Ïú┘Äϼ┘ÆÏ▒┘î ┘é┘ÄϺ┘ä┘Ä ┬½ Ïú┘ÄÏ▒┘ÄÏú┘Ä┘è┘ÆϬ┘Å┘à┘Æ ┘ä┘Ä┘ê┘Æ ┘ê┘ÄÏÂ┘ÄÏ╣┘Ä┘ç┘ÄϺ ┘ü┘É┘ë Ï¡┘ÄÏ▒┘ÄϺ┘à┘ì Ïú┘Ä┘â┘ÄϺ┘å┘ÄÏ╣┘Ä┘ä┘Ä┘è┘Æ┘ç┘É ┘ü┘É┘è┘ç┘ÄϺ ┘ê┘ÉÏ▓┘ÆÏ▒┘î ┘ü┘Ä┘â┘ÄÏ░┘Ä┘ä┘É┘â┘Ä ÏÑ┘ÉÏ░┘ÄϺ ┘ê┘ÄÏÂ┘ÄÏ╣┘Ä┘ç┘ÄϺ ┘ü┘É┘ë Ϻ┘ä┘ÆÏ¡┘Ä┘äϺ┘Ä┘ä┘É ┘â┘ÄϺ┘å┘Ä ┘ä┘Ä┘ç┘Å Ïú┘Äϼ┘ÆÏ▒┘î

Artinya: Para sahabat lantas ada yang bertanya pada Rasulullah SAW, 'Wahai Rasulullah, apakah dengan kami mendatangi istri kami dengan syahwat itu mendapatkan pahala?' Beliau menjawab, 'Bukankah jika kalian bersetubuh pada yang haram, kalian mendapatkan dosa. Oleh karenanya jika kalian bersetubuh pada yang halal, tentu kalian akan mendapatkan pahala.' (HR Muslim).

Bercinta dengan pasangan, apalagi rutin, terbukti baik untuk kesehatan tubuh dan mental. Selain memenuhi kebutuhan seksual, bercinta juga bisa menurunkan stres dan menjaga pengendalian emosi.

Dengan manfaat dan bisa mendatangkan pahala, bagaimana menggauli istri sesuai tuntunan Islam?

1. Dimulai dengan membaca doa

Dalam buku kedua Al-Lu'lu' wal Marjan dari Muhammad Fuad Abdul Baqi, Rasulullah SAQ pasangan sebaiknya membaca doa sebelum berhubungan badan. Doa diambil dari hadist shahih yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim.

Ï¿┘ÉϺÏ│┘Æ┘à┘É Ïº┘ä┘ä┘Ä┘æ┘ç┘É Ïî Ϻ┘ä┘ä┘Ä┘æ┘ç┘Å┘à┘Ä┘æ ϼ┘Ä┘å┘É┘æÏ¿┘Æ┘å┘ÄϺ Ϻ┘äÏ┤┘Ä┘æ┘è┘ÆÏÀ┘ÄϺ┘å┘Ä Ïî ┘ê┘Äϼ┘Ä┘å┘É┘æÏ¿┘É Ïº┘äÏ┤┘Ä┘æ┘è┘ÆÏÀ┘ÄϺ┘å┘Ä ┘à┘ÄϺ Ï▒┘ÄÏ▓┘Ä┘é┘ÆϬ┘Ä┘å┘ÄϺ

Artinya: Dengan (menyebut) nama Allah, ya Allah jauhkanlah kami dari (gangguan) setan dan jauhkanlah setan dari rezki yang Engkau anugerahkan kepada kami. (HR Bukhari dan Muslim).

Doa dibaca saat muncul keinginan menggauli atau bercinta dengan pasangan. Dalam hadist ini Rasulullah mengatakan, jika Allah SWT menganugerahkan anak dari hubungan tersebut makan keturunan yang lahir tidak diganggu setan.

2. Jangan merusak dubur

Islam membolehkan suami menggauli istri dari depan atau belakang selama di kemaluan, asal tidak merusak dubur. Hadist terkait cara menggauli istri dari Jabir bin 'Abdillah RA.

┘â┘ÄϺ┘å┘ÄϬ┘É Ïº┘ä┘Æ┘è┘Ä┘ç┘Å┘êÏ»┘ŠϬ┘Ä┘é┘Å┘ê┘ä┘Å ÏÑ┘ÉÏ░┘ÄϺ ϼ┘ÄϺ┘à┘ÄÏ╣┘Ä┘ç┘ÄϺ ┘à┘É┘å┘Æ ┘ê┘ÄÏ▒┘ÄϺϪ┘É┘ç┘ÄϺ ϼ┘ÄϺÏí┘Ä Ïº┘ä┘Æ┘ê┘Ä┘ä┘ÄÏ»┘Å Ïú┘ÄÏ¡┘Æ┘ê┘Ä┘ä┘Ä

Artinya: "Dahulu orang-orang Yahudi berkata jika menyetubuhi istrinya dari arah belakang, maka mata anak yang nantinya lahir bisa juling." (HR Bukhari).

Setelah itu turun ayat dalam surat Al-Baqarah ayat 223 terkait cara bagaimana sebaiknya menggauli pasangan.

┘å┘ÉÏ│┘ÄϺÏñ┘Å┘â┘Å┘à┘Æ Ï¡┘ÄÏ▒┘ÆϽ┘î ┘ä┘Ä┘â┘Å┘à┘Æ ┘ü┘ÄÏú┘ÆϬ┘Å┘êϺ Ï¡┘ÄÏ▒┘ÆϽ┘Ä┘â┘Å┘à┘Æ Ïú┘Ä┘å┘Ä┘æ┘ë┘░ Ï┤┘ÉϪ┘ÆϬ┘Å┘à┘Æ █û ┘ê┘Ä┘é┘ÄÏ»┘É┘æ┘à┘Å┘êϺ ┘ä┘ÉÏú┘Ä┘å┘Æ┘ü┘ÅÏ│┘É┘â┘Å┘à┘Æ █Ü ┘ê┘ÄϺϬ┘Ä┘æ┘é┘Å┘êϺ Ϻ┘ä┘ä┘Ä┘æ┘ç┘Ä ┘ê┘ÄϺÏ╣┘Æ┘ä┘Ä┘à┘Å┘êϺ Ïú┘Ä┘å┘Ä┘æ┘â┘Å┘à┘Æ ┘à┘Å┘ä┘ÄϺ┘é┘Å┘ê┘ç┘Å █ù ┘ê┘ÄÏ¿┘ÄÏ┤┘É┘æÏ▒┘É Ïº┘ä┘Æ┘à┘ÅÏñ┘Æ┘à┘É┘å┘É┘è┘å┘Ä

Arab latin: Nis─ü`ukum ß©Ñarß╣íul lakum fa`tß╗Ñ ß©Ñarß╣íakum ann─ü syi`tum wa qaddimß╗Ñ li`anfusikum, wattaqull─üha wa'lam┼½ annakum mul─üqß╗Ñh, wa basysyiril-mu`min─½n

Artinya: Isteri-isterimu adalah (seperti) tanah tempat kamu bercocok tanam, maka datangilah tanah tempat bercocok-tanammu itu bagaimana saja kamu kehendaki. Dan kerjakanlah (amal yang baik) untuk dirimu, dan bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa kamu kelak akan menemui-Nya. Dan berilah kabar gembira orang-orang yang beriman.

3. Boleh mengeluarkan air mani dan sperma di luar vagina

Suami yang bercinta dengan istrinya boleh mengeluarkan air mani dan sperma di luar vagina. Hal ini untuk mencegah terjadinya kehamilan usai hubungan intim, berikut hadistnya,

┘â┘Å┘å┘Ä┘æϺ ┘å┘ÄÏ╣┘ÆÏ▓┘É┘ä┘Å Ï╣┘Ä┘ä┘Ä┘ë Ï╣┘Ä┘ç┘ÆÏ»┘É Ï▒┘ÄÏ│┘Å┘ê┘ä┘É Ïº┘ä┘ä┘Ä┘æ┘ç┘É -ÏÁ┘ä┘ë Ϻ┘ä┘ä┘ç Ï╣┘ä┘è┘ç ┘êÏ│┘ä┘à- ┘ü┘ÄÏ¿┘Ä┘ä┘ÄÏ║┘Ä Ï░┘Ä┘ä┘É┘â┘Ä ┘å┘ÄÏ¿┘É┘ë┘Ä┘æ Ϻ┘ä┘ä┘Ä┘æ┘ç┘É -ÏÁ┘ä┘ë Ϻ┘ä┘ä┘ç Ï╣┘ä┘è┘ç ┘êÏ│┘ä┘à- ┘ü┘Ä┘ä┘Ä┘à┘Æ ┘è┘Ä┘å┘Æ┘ç┘Ä┘å┘ÄϺ

Artinya: "Kami dahulu melakukan 'azl di masa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dan sampai ke telinga beliau, namun beliau tidak melarangnya." (HR Muslim).

Praktik kontrasepsi ini disebut azl yang sampai saat ini masih dilakukan pria dan pasangannya. Selain azl, ada juga metode kontrasepsi yang lain misal kondom.

4. Bagaimana jika istri menolak ajakan suami?

Buku kedua Al-Lu'lu' wal Marjan dari Muhammad Fuad Abdul Baqi mengutip hadist yang menyatakan istri tidak boleh menolak ajakan suami. Hadist dari Abu Hurairah tersebut juga memuat ketentuan jika terjadi penolakan.

ÏÑ┘ÉÏ░┘ÄϺ Ï»┘ÄÏ╣┘ÄϺ Ϻ┘äÏ▒┘Ä┘æϼ┘Å┘ä┘ŠϺ┘É┘à┘ÆÏ▒┘ÄÏú┘ÄϬ┘Ä┘ç┘Å ÏÑ┘É┘ä┘Ä┘ë ┘ü┘ÉÏ▒┘ÄϺÏ┤┘É┘ç┘É ┘ü┘ÄÏú┘ÄÏ¿┘ÄϬ┘Æ Ï║┘ÄÏÂ┘ÆÏ¿┘ÄϺ┘å┘Ä Ï╣┘Ä┘ä┘Ä┘è┘Æ┘ç┘ÄϺ ┘ä┘ÄÏ╣┘Ä┘å┘ÄϬ┘Æ┘ç┘ÄϺ Ϻ┘Ä┘ä┘Æ┘à┘Ä┘äÏóϪ┘É┘â┘ÄÏ®┘Å Ï¡┘ÄϬ ┘ë┘Ä┘æϬ┘ÅÏÁ┘ÆÏ¿┘ÉÏ¡┘Ä

Artinya: "Apabila suami mengajak istrinya ke tempat tidurnya lalu istri enggan sehingga suami marah pada malam harinya, malaikat melaknat sang istri sampai waktu subuh." (HR Bukhari).

Istri memang tidak boleh menolak ajakan suami namun hal ini tidak berlaku mutlak. Misal dalam kondisi istri sedang sakit, sehingga tidak mampu melayani kebutuhan suami. Hal ini telah diingatkan Rasulullah SAW dalam hadistnya.

┘äϺ┘Ä ÏÂ┘ÄÏ▒┘ÄÏ▒┘Ä ┘ê┘Ä┘äϺ┘Ä ÏÂ┘ÉÏ▒┘ÄϺÏ▒┘Ä

Artinya: "Tidak boleh melakukan sesuatu yang berbahaya atau membahayakan (orang lain)." (HR Ahmad, Malik, dan Ibnu Majah).

Allah SWT juga telah memperingatkan hal serupa dalam firmanNya di Surat An-Nisa ayat 19,

┘è┘ÄϺ Ïú┘Ä┘è┘Å┘æ┘ç┘ÄϺ Ϻ┘ä┘Ä┘æÏ░┘É┘è┘å┘Ä Ïó┘à┘Ä┘å┘Å┘êϺ ┘ä┘ÄϺ ┘è┘ÄÏ¡┘É┘ä┘Å┘æ ┘ä┘Ä┘â┘Å┘à┘Æ Ïú┘Ä┘å┘Æ Ï¬┘ÄÏ▒┘ÉϽ┘Å┘êϺ Ϻ┘ä┘å┘É┘æÏ│┘ÄϺÏí┘Ä ┘â┘ÄÏ▒┘Æ┘ç┘ïϺ █û ┘ê┘Ä┘ä┘ÄϺ Ϭ┘ÄÏ╣┘ÆÏÂ┘Å┘ä┘Å┘ê┘ç┘Å┘å┘Ä┘æ ┘ä┘ÉϬ┘ÄÏ░┘Æ┘ç┘ÄÏ¿┘Å┘êϺ Ï¿┘ÉÏ¿┘ÄÏ╣┘ÆÏÂ┘É ┘à┘ÄϺ ÏóϬ┘Ä┘è┘ÆϬ┘Å┘à┘Å┘ê┘ç┘Å┘å┘Ä┘æ ÏÑ┘É┘ä┘Ä┘æϺ Ïú┘Ä┘å┘Æ ┘è┘ÄÏú┘ÆϬ┘É┘è┘å┘Ä Ï¿┘É┘ü┘ÄϺϡ┘ÉÏ┤┘ÄÏ®┘ì ┘à┘ÅÏ¿┘Ä┘è┘É┘æ┘å┘ÄÏ®┘ì █Ü ┘ê┘ÄÏ╣┘ÄϺÏ┤┘ÉÏ▒┘Å┘ê┘ç┘Å┘å┘Ä┘æ Ï¿┘ÉϺ┘ä┘Æ┘à┘ÄÏ╣┘ÆÏ▒┘Å┘ê┘ü┘É █Ü ┘ü┘ÄÏÑ┘É┘å┘Æ┘â ┘ÄÏ▒┘É┘ç┘ÆϬ┘Å┘à┘Å┘ê┘ç┘Å┘å┘Ä┘æ ┘ü┘ÄÏ╣┘ÄÏ│┘Ä┘ë┘░ Ïú┘Ä┘å┘Æ Ï¬┘Ä┘â┘ÆÏ▒┘Ä┘ç┘Å┘êϺ Ï┤┘Ä┘è┘ÆϪ┘ïϺ ┘ê┘Ä┘è┘Äϼ┘ÆÏ╣┘Ä┘ä┘Ä Ïº┘ä┘ä┘Ä┘æ┘ç┘Å ┘ü┘É┘è┘ç┘É Ï«┘Ä┘è┘ÆÏ▒┘ïϺ ┘â┘ÄϽ┘É┘èÏ▒┘ïϺ

Arab latin: Yā ayyuhallażīna āmanu lā yahillu lakum an tarisun-nisā`a kar-hā, wa lā ta'duluhunna litaż-habu biba'di mā ātaitumuhunna illā ay ya`tīna bifāhisyatim mubayyinah, wa 'āsyirụhunna bil-ma'ruf, fa ing karihtumụhunna fa 'asā an takrahu syai`aw wa yaj'alallāhu fīhi khairang kasīrā

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, tidak halal bagi kamu mempusakai wanita dengan jalan paksa dan janganlah kamu menyusahkan mereka karena hendak mengambil kembali sebagian dari apa yang telah kamu berikan kepadanya, terkecuali bila mereka melakukan pekerjaan keji yang nyata. Dan bergaullah dengan mereka secara patut. Kemudian bila kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak.

Karena itu, pasangan suami istri wajib berkomunikasi sebelum bercinta. Jangan sampai ada pihak yang terpaksa sehingga merasa terluka atau mengalami cedera.