Masak Apa Hari Ini : 'Fish and Chips' dan Sup Krim Jamur ala Restoran

Masak Apa Hari Ini : 'Fish and Chips' dan Sup Krim Jamur ala Restoran
Foto: iStock

Jakarta, Acehbisnis.com - Kangen masakan restoran? Ada fish and chips dan sup krim jamur yang bisa dibikin sendiri. Ada tips yang bisa diikuti agar hasilnya selezat bikinan restoran.

Tak bisa ke restoran dan bisa tetap berhemat, Anda bisa bikin masakan restoran di rumah. Seperti Fish and Chips yang renyah gurih, lengkap dengan kentang goreng dan saus tartarnya.

Kalau kangen bulgogi restoran Korea, Anda bisa meracik sendiri, bahkan bisa disimpan untuk stok. Irisan tipis daging sapi yang gurih manis dengan taburan wijen ini memang paling enak dimakan dengan nasi hangat.

Lembut gurihnya sup jamur memang selalu bikin kangen. Ternyata bikin sup krim jamur tak serepot yang Anda bayangkan. Apalagi jika sup yang creamy ini dipadukan dengan roti panggang yang gurih renyah.

Menu restoran favorit bisa dibuat di rumah. Beberapa menu andalan restoran dari detikfood ini bisa jadi inspirasi Anda menyajikan menu istimewa buat keluarga.

Foto: detikcom


1. Crispy Fish and Chips

Fillet ikan dibalut adonan tepung dan digoreng garing ini merupakan sajian khas Inggris. Ikan berdaging tebal seperti kakap dan ikan dori bisa jadi pilihan. Ikan kakap bisa dibeli segar dan ikan dori biasanya dijual beku.

Potong ikan memanjang dengan ukuran sekitar 10x5 cm. Jika bisa potong dengan ukuran yang sama agar bisa matang merata bersamaan saat digoreng. Setelah dibumbui, biarkan beberapa saat agar bumbu meresap.

Yang paling penting gunakan minyak banyak dan bersih lalu panaskan di atas api sedang. Goreng fillet ikan bertepung hingga terendam minyak. Agar tak perlu dibolak-balik dan bisa kering merata. Sajikan dan nikmati selagi hangat. Ikuti petunjuk resep ini.

Foto: detikcom


2. Korean Bulgogi

Sajian daging khas Korea ini mudah dibuat. Memakai bahan utama daging sapi dengan sedikit lemak. Bisa membeli irisan daging sapi untuk sukiyaki. Atau iris sendiri di rumah dengan ketebalan yang tipis sama.

Setelah direndam bumbu sebaiknya biarkan selama 30 menit sampai 1 jam. Makin lama direndam makin meresap. Jika akan disimpan, taruh dalam wadah bertutup dan taruh di chiller lemari es agar tahan simpan beberapa hari.

Untuk mematangkan daging ini cukup gunakan wajan datar dan beri sedikit minyak. Tumis daging berbumbu hingga harum dan berubah warna menjadi gelap. Taburi biji wijen dan nikmati selagi hangat. Ikuti langkah pembuatannya di resep ini.

Foto: Ari Saputra/detikcom


3. Sup Krim Jamur

Jamur merupakan sayuran kaya mineral dan vitamin yang baik dikonsumsi untuk daya tahan tubuh. Bisa dipakai jamur kancing, jamur portobello yang tebal payung jamurnya. Pilih yang warnanya bersih dan tangkainya segar.

Saat menumis irisan jamur gunakan api sedang dan tumis hingga layu, susut dan warnanya kecokelatan. Setelah susu dimasukkan kecilkan api dan masak hingga mendidih.

Sebelum dimasukkan ke mangkuk blender, pastikan sup sudah hangat. Proses hingga halus lalu panaskan kembali dalam panci hingga mendidih. Sajikan dengan tambahan krim dan roti agar lebih mantap rasanya. Langkah pembuatan sup yang praktis bisa dilihat di resep ini.

Sumber:detik.com
HIMBAUAN FORKAMPIDA ACEH
IKLAN CORONA pemrpov aceh