Manfaat Teh Serai untuk Kesehatan, Bisa Bikin Panjang Umur!

Manfaat Teh Serai untuk Kesehatan, Bisa Bikin Panjang Umur!
Foto: Getty Images/iStockphoto/pimonpim

Jakarta, Aceh Bisnis - Di balik rasanya yang nikmat, teh serai punya banyak manfaat. Salah satu manfaat teh serai untuk kesehatan adalah memperpanjang umur.

Teh merupakan minuman herbal yang kaya akan nutrisi dan bermanfaat untuk tubuh. Teh disebut mampu menjaga tubuh tetap sehat dan menghindarkan berbagai ancaman penyakit jika dikonsumsi rutin dan dengan cara yang benar.

Ada beberapa racikan teh yang ditambahkan beberapa bahan herbal atau rempah sehingga memiliki khasiat-khasiat tertentu yang berguna bagi tubuh. Misalnya teh madu atau teh ginseng untuk meningkatkan stamina.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di Inggris, ada satu racikan teh yang bahkan dapat memperpanjang umur. Campuran teh dan serai dikatakan dapat mencegah berbagai penyakit kronis penyebab utama kematian.

Salah satunya penyakit jantung yang dikatakan sebagai pembunuh utama secara global dalam 20 tahun terakhir. Mengutip dari Express UK (17/1), begini ternyata penjelasan soal manfaat teh serai sebagai rahasia panjang umur.

Teh serai memiliki manfaat menyehatkan jantung. Hal ini karena kandungan dan kemampuan yang dimiliki oleh kedua bahan utamanya yaitu teh dan serai.

Teh dan serai memiliki kemampuan untuk menangkal penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan penumpukan kolesterol buruk. Hal ini telah dibuktikan melalui penelitian yang melibatkan 72 partisipan.

Pada penelitian tersebut, dilakukan observasi terhadap partisipan usai diberikan teh serai dan teh hijau untuk diminum. Di akhir masa observasi, peneliti menemukan hasil yang cukup mengagumkan.

Partisipan yang diberi minum teh serai, mengalami penurunan tekanan darah sistolik sedang dan peningkatan ringan tekanan darah diastolik.

Partisipan yang minum teh serai juga memiliki detak jantung yang lebih rendah dan stabil. Tekanan darah sistolik dan diastolik adalah dua angka yang digunakan untuk mencatat tekanan darah tinggi.

Serai juga telah terbukti mengurangi kolesterol tinggi yang dapat menyumbat arteri. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Advanced Pharmaceutical Technology & Research menunjukkan bahwa ekstrak minyak serai membantu menurunkan kolesterol pada hewan.

Penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukan efek jangka panjang yang aman untuk konsumsi 100 miligram minyak serai secara rutin setiap hari. Penelitian lebih lanjut akan dilakukan untuk melihat apakah efek minyak serai sama dengan teh serai.

Kandungan citral dalam serai juga dianggap memiliki sifat antikanker yang ampuh. Bahkan, berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, citral dapat melawan sel-sel kanker.

Bahkan, beberapa komponen serai dapat membantu melawan kanker. Ini terjadi dengan cara mematikan sel secara langsung atau meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh mampu melawan kanker.

Teh serai terkadang digunakan sebagai terapi selama kemoterapi dan radiasi. Selain itu penting juga untuk menjaga berat badan yang sehat karena obesitas adalah faktor risiko penyakit jantung dan kanker yang berisiko membuat seseorang berumur pendek.

Umumnya, seseorang bisa dikatakan mengalami obesitas jika memiliki indeks massa tubuh (IMT) antara 30-39,9. Menjalankan gaya hidup yang sehat juga penting fungsinya untuk menghindari obesitas agar terhindari dari penyakit jantung dan kanker.

"Cara terbaik untuk mengobati obesitas adalah dengan makan makanan rendah kalori yang sehat dan berolahraga secara teratur," kata National Health Service (NHS) Inggris.

Sumber:detik.com