Mahar Fantastis Pernikahan Ustaz Abdul Somad dan Fatimah Az Zahra

Mahar Fantastis Pernikahan Ustaz Abdul Somad dan Fatimah Az Zahra
Foto: dok YouTube UAS

Surabaya, Aceh Bisnis - Mahar pernikahan Ustaz Abdul Somad (UAS) dengan Fatimah Az Zahra Salim Barabud (19) tergolong cukup fantastis. Mahar 244 gram emas ini mencapai ratusan juta.

Mahar ini baru diketahui usai Fatimah datang ke KUA Peterongan, Jombang bersama ayah dan ibu kandungnya, Salim Sholeh Barabud (52) dan Bibi Kulsum (52) untuk mengikuti rapak nikah.

"Mas kawin kami tanyakan ke calon istri, minta apa? Tadi disampaikan permintaannya emas 244 gram. Katanya asisten UAS, calon istri sudah ada kesepakatan dengan UAS minta mas kawin 244 gram emas," kata Kepala KUA Peterongan Abd Ghofur di Jalan Brawijaya Kecamatan Peterongan, Selasa (27/4/2021).

Nilai mahar yang akan diberikan UAS kepada Fatimah tergolong fantastis. Berpatokan pada harga logam mulia, mahar tersebut diperkirakan mencapai Rp 213 juta.

Sayangnya, hingga kini belum ada kepastian waktu dan tempat akad nikah Ustaz Abdul Somad dengan Fatimah bakal digelar. KUA Peterongan masih menunggu kedatangan pria berdarah melayu itu untuk rapak nikah. Setelahnya, barulah menentukan waktu dan tempat akad nikah.

"Untuk pelaksanaan akad nikah itu semuanya tergantung UAS. Bapaknya Fatimah menyatakan belum bisa menentukan harinya, menunggu UAS datang. Tanggal pernikahan yang menentukan UAS, karena UAS sangat sibuk dan jauh," terang Ghofur.

Sementara Fatimah menjalani rapak nikah di KUA Peterongan, Jombang tanpa didampingi calon suaminya. Hingga kini, belum ada kepastian kapan pria berdarah melayu itu bisa datang ke Kota Santri untuk mengurus pernikahannya.

Kepala Ghofur mengatakan, Fatimah datang untuk mengikuti rapak kemarin pukul 08.30 WIB. Gadis warga Perumahan Kepuh Permai, Desa Kepuhkembeng, Kecamatan Peterongan, itu datang bersama bapak dan ibu kandungnya, Salim Sholeh Barabud (52) dan Bibi Kulsum (52).

Salim datang sebagai wali nikah dari Fatimah. Selain itu, kedatangan Salim dan Bibi ke KUA Peterongan juga untuk memberi persetujuan tertulis kepada Fatimah yang akan dinikahi UAS. Rapak hanya berlangsung satu jam, hingga pukul 09.30 WIB.

"Calon pengantin yang usianya kurang dari 21 tahun wajib ada izin tertulis dari kedua orang tua. Orang tuanya tadi sudah setuju," kata Ghofur.

Dia memastikan, UAS belum bisa hadir ke KUA Peterongan untuk rapak. Pemilik nama lengkap Abdul Somad Batubara itu hanya mengutus asistennya untuk datang ke KUA bersama keluarga Fatimah pagi tadi. Kesibukan dan jauhnya jarak menjadi penyebabnya.

"Asisten UAS datang menegaskan bahwa persyaratannya betul-betul benar. Kalau kurang apa akan disampaikan ke UAS," terang Ghofur.

Pernikahan Ustaz Abdul Somad dengan Fatimah didaftarkan Modin Desa Kepuhkembeng, Anang Khoirudin ke KUA Peterongan pada 6 April 2021. Itu sesuai domisili Fatimah di Perumahan Kepuh Permai Blok D4, Desa Kepuhkembeng, Kecamatan Peterongan. KUA mencatat rencana akad nikah mereka akan digelar 17 Mei bulan depan.

Ternyata, Fatimah dijodohkan kiainya dengan Ustaz Abdul Somad. Rencana ikatan suci mereka tidak memandang usia. Karena UAS 24 tahun lebih tua dari calon istrinya.

Usia Fatimah baru genap 20 tahun pada 1 Oktober nanti. Fatimah merupakan anak kelima dari tujuh bersaudara pasangan Salim Sholeh Barabud (52) dan Bibi Kulsum (52). Gadis berparas cantik ini santri hafal Al Qur'an.

Sementara Ustaz Abdul Somad kini berusia 44 tahun. Pria kelahiran Kabupaten Asahan, Sumut 18 Mei 1977 itu berstatus duda anak satu setelah bercerai dengan Mellya Juniarti pada 12 Januari 2021.

Ia tercatat sebagai warga Desa Koto Perambahan, Kecamatan Kampa, Kabupaten Kampar, Riau. Pemilik nama Abdul Somad Batubara ini lulusan Universitas Al-Azhar-Mesir, Dar El Hadith El Hassania-Kerajaan Maroko, serta Universitas Islam Omdurman-Sudan.

Sumber:detik.com
Iklan Kelender event 2021 Disbudpar aceh