LSM Barisan Muda Minta DPRK Langsa Evaluasi Kinerja PDAM

LSM Barisan Muda Minta DPRK Langsa Evaluasi Kinerja PDAM
lustrasi: Ist.

Langsa - LSM Barisan Muda Kota Langsa meminta kepada DPRK setempat untuk mengevaluasi kinerja jajaran Perusahaan Daerah Air Mimun (PDAM) Tirta Kemuning Langsa yang dinilai lamban menangani keluhan pelanggan.

"Kami minta DPRK Langsa membentuk Pansus untuk mengevaluasi kinerja PDAM Langsa, karena banyak pelanggan yang mengeluh terhadap suplai air,"ujar ketua LSM Barisan Muda Kota Langsa Tarmizi, S. Sos. I kepada Aceh Bisnis, Kamis (6/2/2020).

Tarmizi mengatakan, selama ini banyak pelanggan yang mengeluhkan macetnya suplai air bersih ke rumah-rumah.

Ironisnya, sambung Tarmizi, pihak PDAM Langsa memiliki Grup WA Forum Pelanggan PDAM untuk menampung keluhan pelanggan, namun pelanggan tidak mendapatkan jawaban dan respon dari pihak Perusahaan plat merah tersebut.

"Untuk apa forum itu dibuat kalau tidak ditanggapi,"imbuh Tarmizi.

Sementara itu, Direktur PDAM Tirta Kemuning Azzahir, SE saat dihubungi Aceh Bisnis lewat telephone selulernya membenarkan bahwa suplai air untuk wilayah Kecamatan Langsa Timur macet, hal ini disebabkan karena adanya gangguan pompa boster di Gampong Mutia yang mengakibatkan lemahnya mesin di Gampong Sungai Lung.

"Kalau tidak ada pompa di Gampong Mutia, Wilayah Langsa Timur lemah,"terangnya.

Azzahir menjelaskan, saat ini pihaknya sedang memperbaiki pompa air yang rusak.

"Jadi pompanya rusak, baru tadi sampek dari Medan, hari ini dipasang, jadi tekanan air itu bergantung dari pompa Gampong Mutia,"jelas Azzahir sambil menambahkan bahwa suplai air membutuhkan waktu normalnya.

Lanjutnya, kondisi ini juga diperparah dengan matinya listrik beberapa hari yang lalu. "Air itu kalau listrik mati satu jam maka normalnya bisa satu hari, kalau listrik mati empat jam bisa empat hari normalnya, kalau kita cerita itu ya cerita teknis, tidak bisa kita samakan dengan PLN".

"Namun saat ini sudah ada beberapa rumah yang sudah dialiri air PDAM,"tambahnya.

Untuk mengatasi persoalan tersebut, semenjak tiga hari yang lalu pihaknya telah menyalurkan air bersih melalui mobil tangki kepada pelanggan. "Intinya kalau tidak ada air kami kasih air,"pungkasnya.

Dirinya berharap semoga persoalan ini segera dapat teratasi. "Hari ini pompa sedang dikerjakan, semoga cepat selesai dan kita harap segera cepat normal kembali, karena kita tidak ingin ada yang dirugikan,"demikian tutupnya.()