LP2M UIN Ar-Raniry Gelar Pelatihan Penulisan Karya Tulis Berbasis Pengabdian

LP2M UIN Ar-Raniry Gelar Pelatihan Penulisan Karya Tulis Berbasis Pengabdian

Banda Aceh, Aceh Bisnis - Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh gelar blend workshop pelatihan penulisan karya tulis ilmiah berbasis pengabdian bagi dosen di Perguruan Tinggi.

Kegiatan tersebut berlangsung atas kerja sama Pusat Studi Gender dan Anak LP2M UIN Ar-Raniry, Pusat Studi Wanita dan Pusat Studi Gender Se-Aceh, serta Prodi Pengembangan Masyarakat Islam UIN Ar-Raniry, berlangsung di Ruang Multimedia Gadung ICT Center UIN Ar-Raniry, Selasa (2/3/2021).

Wakil Rektor bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Ar-Raniry, Drs. Gunawan Adnan, MA., Ph.D dalam sambutannya saat membuka acara mengatakan, bahwa PSGA dan PSW merupakan unit salah satu yang sangat strategis di sebuah Perguruan Tinggi yang konsen dibidang pengembangan kapasitas dosen yang fokus dibidang isu gender dan anak.

“Lembaga ini sangat strategis yang ada di kampus, dimana dapat melakukan banyak hal terkait dengan isu gender dan perlindungan anak, diantaranya dapat melakukan berbagai penelitian tentu dengan berbasis melakukan pengabdian,” ujarnya.

Ditambahkan, untuk itu pimpinan UIN Ar-Raniry mengharapkan, hasil dari penelitian yang berbasih pengabdian tersebut dapat melahirkan karya ilmiah dengan sistim kolaborasi antara PSGA atau PSW se Aceh, yang nantinya dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Gunawan berpesan, hal yang terpenting saat ini adalah bagaimana membangun jejaring dengan berbagai pihak terkait, hal tersebut suatu keniscayaan bagi sebuah lembaga, bagaimana membangun hubungan dengan lembaga lain baik ditingkat nasional ampun internasional.

Pimpinan UIN Ar-Raniry siap mendukung program-perogram yang sifatnya membangun dan dapat bermanfaat kepada lembaga dan masyarakat.

Kepala PSGA UIN Ar-Raniry, Dr. Nashriyah, MA mengatakan, kegiatan tersebut digelar dalam rangka untuk menginisiasi pengabdian kolaborasi antar PSGA/PSW/PSG se Aceh yang berientasi Publikasi Ilmiah, serta secara khusus diharapkan dapat meningkatkan keterampilan terkait publikasi ilmiah berbasis pengabdian.

“Program ini dilaksanakan untuk memetakan peluang kolaborasi pengabdian antar PSGA/PSW/PSG se Aceh yang berorientasi publikasi ilmiah, serta dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para peserta,” ujarnya.()