Lima Makanan Sehat Ini Bisa Gagalkan Diet Jika Dikonsumsi Berlebihan

Lima Makanan Sehat Ini Bisa Gagalkan Diet Jika Dikonsumsi Berlebihan
Foto: iStock

Jakarta, Aceh Bisnis - Makanan sehat tidak berarti bisa dikonsumsi sebanyak-banyaknya. Sesuatu yang berlebihan tentu saja tidak baik. Seperti makanan sehat ini yang sering dikonsumsi berlebihan.

Saat melakukan diet, orang sebisa mungkin akan makan makanan sehat sebanyak-banyaknya. Tetapi, tetap saja, segala sesuatu yang berlebihan tidak akan menjadi baik.

Makanan sehat sekalipun masih mengandung kalori. Meskipun dalam jumlah yang rendah, kalori ini etap perlu diperhatikan dan dihitung agar tidak berlebihan dan menggagalkan diet.

Menurut ahli gizi Melissa Meier, ada beberapa makanan sehat yang seringkali dikonsumsi secara berlebihan. Ia juga mengatakan bahwa hal tersebut yang seringkali membuat diet tidak mengalami perubahan yang signifikan.

Berikut ini 7 makanan sehat yang sering dikonsumsi secara berlebihan menurut Body+Soul (4/2):

1. Alpukat

5 Makanan Sehat Ini Bisa Gagalkan Diet Jika Dikonsumsi Berlebihan Foto: Getty Images/iStockphoto/gradyreese

Alpukat merupakan salah satu bahan makanan super yang dikenal akan manfaat sehatnya. Alpukat mengandung lemak sehat yang tidak berdampak buruk bagi jantung.

Alpukat juga memiliki serat yang baik untuk pencernaan serta antioksidan berupa vitamin E. Alpukat menjadi makanan sehat yang mengandung 400 kalori per buahnya.

Jumlah kalori yang terdapat dalam sebuah alpukat cukup untuk digunakan tubuh menjadi bahan bakar metabolisme. Bahkan jika dibandingkan dengan kalori berimbang untuk penurunan berat badan, sebuah alpukat telah memenuhi 1/3 bagian dari batasan kalori harian. Hindari mengonsumsi alpukat berlebih supaya asupan kalori harian juga tak melonjak.

2. Buah Kering

Tidak segar bukan berarti tidak baik. Buah kering juga menjadi salah satu makanan sehat yang bisa menjadi asupan buah dalam menu diet.

Dibandingkan dengan buah segar, buah kering memiliki kandungan yang lebih tinggi dibandingkan dengan buah segar. Tetapi, menghitung buah kering tidak sama dengan menghitung buah segar.

Jumlah buah kering yang direkomendasikan per hari sebanyak segenggam tangan atau seberat 30 gram. Ukuran ini dinilai sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

3. Extra Virgin Olive Oil

5 Makanan Sehat Ini Bisa Gagalkan Diet Jika Dikonsumsi Berlebihan Foto: Getty Images/iStockphoto/gradyreese

Minyak zaitun merupakan minyak padat kalori yang sehat. Minyak zaitun bahkan direkomendasikan oleh banyak chef dan ahli gizi.

Minyak zaitun terbuat dari lemak murni yang dapat menjadi sumber energi. Sayangnya, dalam 1 sendok makan minyak zaitun mengandung kalori yang cukup besar yaitu sebanyak 200 kalori.

Hal ini tidak membuat penggunaan minyak zaitun harus dikurangi. Hanya saja, perhatikan lagi penggunaannya dan gunakan secukupnya saja.

4. Jus

Jus memang dapat menjadi cara yang lebih mudah untuk mengonsumsi buah dan sayuran. Jus juga akan memudahkan mikronutrien masuk ke dalam tubuh tanpa harus dikunyah.

Sayangnya, beberapa jus justru tidak memiliki serat sebanyak jumlah pada buah utuh. Bahkan pada jus kemasan lebih banyak ditemukan bahan-bahan tambahan yang mengalahkan nutrisi sehat alami dari jus buah atau sayuran.

Buah potongan segar bisa menjadi pilihan lain untuk makan buah yang lebih mudah dengan serat yang lebih tinggi dibandingkan dengan jus. Jika kamu tetap menginginkan minum jus sebaiknya kamu membuat sendiri jus di rumah atau membatasi asupan jus kemasan.

5. Pasta

5 Makanan Sehat Ini Bisa Gagalkan Diet Jika Dikonsumsi Berlebihan Foto: Getty Images/iStockphoto/gradyreese

Pasta menjadi sumber karbohidrat yang menyehatkan, terlebih jika pasta yang digunakan terbuat dari gandum utuh.

Gandum ketika masuk ke dalam pencernaan akan dicerna dalam waktu yang cenderung lebih lama dengan karbohidrat lainnya. Hal ini membuat gandum dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

Tetapi konsumsi seporsi pasta lebih dianjurkan untuk diseimbangkan dengan sayuran dan sumber protein. Satu porsi pasta dianjurkan berada pada takaran kira-kira 128 gram.

Sumber:detik.com
Iklan Kelender event 2021 Disbudpar aceh