Laris Manis Pesawat Jet Honda Rp 73,5 Miliar yang Bikin Penasaran

Laris Manis Pesawat Jet Honda Rp 73,5 Miliar yang Bikin Penasaran
HondaJet Foto: Honda

Jakarta, Aceh Bisnis - Berita tentang larisnya penjualan pesawat jet Honda turut menyita perhatian publik. Betapa tidak, meski harganya menyentuh angka puluhan miliar Honda Aircraft Company sudah menjual 170 unit di dunia.

Ya, tak hanya melulu soal mobil dan sepeda motor, kini Honda terus berkembang dan mulai memproduksi pesawat jet. Honda Aircraft Company mengumumkan bahwa HondaJet menjadi jet terlaris di kelasnya untuk 2020, berdasarkan angka yang diberikan oleh General Aviation Manufacturers Association.

Selama 2020, Honda Aircraft mengirimkan 31 pesawat terbang ke pelanggan di Amerika Utara, Amerika Latin, Eropa, dan Asia. Pada tahun yang sama, Honda Aircraft Company memperluas jejak globalnya dengan sertifikasi tipe di Pakistan dan Rusia.

Sejak mendapatkan sertifikasi tipe dari Federal Aviation Administration (FAA) pada akhir 2015, HondaJet terus membuktikan dirinya sebagai jet paling maju dalam kategori ini dengan mencapai beberapa tonggak penerbangan. Armada HondaJet juga terus berkembang hingga saat ini, lebih dari 170 pesawat HondaJet telah dioperasikan di seluruh dunia dengan lebih dari 68.000 jam terbang.

"Meskipun pandemi COVID-19 telah menyebabkan penurunan dalam pengiriman jet bisnis secara keseluruhan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, namun kami juga telah melihat ada peralihan ke moda transportasi yang lebih aman dan berkelanjutan," kata Michimasa Fujino sebagai Presiden dan CEO Honda Aircraft Company dalam rilis yang diterima detikcom.

"Pengiriman HondaJet secara cepat ke level sebelum COVID pada akhir tahun, menunjukkan bahwa konsumen di seluruh dunia terus memilih HondaJet. Ini termasuk banyak pemilik jet bisnis pertama kali yang menyadari manfaat bepergian secara pribadi. Kami percaya bahwa HondaJet akan terus berkontribusi dalam pemulihan pasar penerbangan bisnis global," sambungnya.

HondaJet Elite menggabungkan banyak inovasi teknologi Honda Aircraft, termasuk konfigurasi Over-The-Wing Engine Mount (OTWEM) yang unik, hidung dan sayap Natural Laminar Flow (NLF), dan badan pesawat komposit. Pesawat ini juga didukung oleh GE Honda Aero Engines HF120.

Semua kemajuan ini berkontribusi pada kinerja pesawat yang superior, efisiensi ruang badan pesawat yang dimaksimalkan sehingga menjadikan kabin pesawat yang terbesar di kelasnya.

Sebelumnya HondaJet juga pernah mampir untuk pertama kalinya ke Indonesia, pada September 2017, tepatnya di Bandara Halim Perdana Kusuma. Sayangnya bagi orang Indonesia yang berminat, HondaJet belum dipasarkan di Tanah Air. Ditaksir harga HondaJet sekitar US$ 5,25 juta atau sekitar Rp 73,5 miliar.

Keunggulan HondaJet

Secara dimensi, pesawat jet ringan ini memiliki ukuran panjang 12,9 m x lebar sayap 12,12 m x tinggi 4,54 meter. Sedangkan interiornya memiliki ukuran panjang 5,43 meter x lebar 1,52 meter x tinggi 1,47 meter.

HondaJet Elite memiliki fasilitas dapur kapal yang lengkap, kamar kecil pribadi yang dilengkapi dengan tempat duduk opsional dan sistem suara Bongiovi.

Honda mengklaim pesawat miliknya ini menjadi jet tercepat dengan jarak tempuh terjauh sekitar 1.437 mil dan mampu meraih ketinggian udara tertinggi di kelasnya. Tak hanya sertifikasi JCAB, Honda Elite juga sudah mendapatkan pengakuan dari Amerika (Federal Aviation Administration), Eropa (European Aviation Safety Agency), dan India (Directorate General of Civil Aviation).

´┐╝HondaJet Foto: Honda

Di sisi lain, tak perlu memakan banyak ruang lintasan bandara. HondaJet diklaim memiliki jarak lepas landas kurang dari 4.000 kaki dan jarak pendaratan kurang dari 3.050 kaki

Interior HondaJet, posisi kursinya dibuat dua yang saling berhadap-hadapan. Sebenarnya masih terdapat kursi tambahan antara kokpit dan kabin. Kursi ini bisa dipakai untuk pramugari, atau penumpang tambahan. Bila dioperasikan satu pilot, maka satu penumpang lagi bisa duduk di kursi kopilot di kokpit. Jadi total penumpang yang bisa diangkut adalah 5 orang dengan satu pilot.

´┐╝HondaJet Foto: Honda

Pesawat ini menggunakan mesin VGE Honda HF120, sebuah mesin turbofan kecil untuk pasar jet bisnis ringan. Perusahaan mengklaim bahwa HondaJet Elite ini pesawat tercepat, terjauh dan terbang tertinggi di kelasnya. Pesawat ini memiliki kecepatan tertinggi 422 knots atau 781 km/jam di ketinggian 30.000 kaki. Sedangkan jarak tempuhnya mencapai 1.437 nautical miles. Pesawat ini dapat terbang 17% lebih jauh dari generasi sebelumnya dengan penambahan jarak sejauh 396 km. HondaJet memiliki jelajah maksimum ketinggian hingga 43.000 kaki.

Sumber:detik.com