Laos, Negara yang Paling Banyak di Bom di Dunia

Laos, Negara yang Paling Banyak di Bom di Dunia
Wanita Laos (Getty Images)

Viantiane, Aceh Bisnis - Laos, kamu pasti sering mendengar nama negara ini. Tapi, apakah kamu benar-benar mengenal Laos?

Indonesia menjadi salah satu negara di kawasan ASEAN atau Asia Tenggara. Berteman dekat dengan negeri tetangga, banyak orang Indonesia yang hobi liburan ke negara-negara ASEAN.

Hal ini terbukti dengan Singapura dan Malaysia yang menjadikan Indonesia sebagai pasar pariwisatanya. Ada pula Thailand yang sering jadi tempat liburan yang dekat namun terasa berbeda dari Indonesia.

Laos Foto: (Getty Images)

Namun bagaimana dengan Laos? Rasanya negara ini sering terlupakan dan tak tampak kurang menarik. Padahal, negara ini cukup unik dan punya banyak fakta menarik.

Mari mengenal negara ini dengan lebih baik lewat rangkuman detikTravel. Laos merupakan satu-satunya negara yang tidak memiliki pantai di Asia Tenggara. Karena Laos di kelilingi oleh negara-negara lain. Mereka adalah Myanmar, Tiongkok, Vietnam, Kamnoja dan Thailand.

Seakan-akan terkurung oleh negara lain, julukan dari Laos adalah The Land Lock atau Tanah yang Terkunci. Jadi jangan mencari vitamin sea di sini yah.

Meski begitu, Laos punya banyak wisata menarik. Sebut saja, Stupa Emas, Luang Prabang yang jadi situs warisan dunia UNESCO, sampai Sungai Mekong.

Berdekatan dengan Thailand membuat Laos sedikit mirip dengan Negeri Gajah Putih itu. Laos sendiri sebenarnya disebut Negeri Seribu Gajah karena memiliki nama Lan Xang dalam bahasa asli.

Laos Foto: (Getty Images)


Lan Xang merujuk pada kerajaan gajah yang dimilikinya sejak abad ke-14. Seperti Thailand, Laos pun menggunakan gajah sebagai transportasi sampai acara tradisi.

Sayangnya, populasi gajah di Laos semakin menurun tiap tahunnya. Penebangan liar menjadi faktor utama dalam hal ini. Diperkirakan hanya sekitar 1.000 ekor gajah saja yang hidup di sana.

Tak hanya julukan, budaya dan bahasa Laos pun mirip dengan Thailand. Bahasa yang mereka gunakan adalah Lao, orang-orangnya disebut Lao.

Laos termasuk negara yang lemah dalam aspek militer sejak dulu. Hal ini bisa dibandingkan dengan militer dari negara-negara tetangganya, termasuk Indonesia.

Wisata Sungai Mekong Foto: (Getty Images)


Namun yang bikin menarik bukan itu, tapi merempet ke sana. Laos adalah negara yang paling banyak dijatuhi bom di dunia. Menurut catatan sejarah, hal ini terjadi pada tahun 1964-1974.

Selama 9 tahun, menjadi tempat pengeboman Amerika Serikat. Kalau dijumlahkan ada lebih dari 2 juta ton bom yang ada di sana.

Untungnya, hanya 30 persen bom saja yang meledak. Namun bom-bom tersebut masih bersarang di sana karena terletak secara acak.

Karena bom ini, Laos tidak memiliki banyak wilayah yang bisa dijadikan lahan bertani. Ibarat menggarap ladang ranjau, Pemerintah tak ingin rakyatnya terkena bom yang sewaktu-waktu dapat meledak.

Sumber:detik.com