Kursi Pelontar Pesawat Pengebom Rusia Tiba-tiba Aktif, 3 Tentara Tewas

Kursi Pelontar Pesawat Pengebom Rusia Tiba-tiba Aktif, 3 Tentara Tewas
ilustrasi (Foto: AP Photo/Pavel Golovkin, File)

Moskow, Aceh Bisnis - Sedikitnya tiga tentara Rusia tewas dalam sebuah insiden yang menimpa pesawat militer di pangkalan udara dekat Kaluga, Rusia bagian tengah. Insiden ini melibatkan sistem pelontar pada kursi pilot yang secara tiba-tiba aktif tanpa disengaja.

Seperti dilansir Sputnik News dan kantor berita TASS, Selasa (23/3/2021), Kementerian Pertahanan Rusia dalam pernyataannya menyebut insiden ini terjadi saat persiapan penerbangan di sebuah pangkalan udara dekat Kaluga. Insiden ini melibatkan pesawat pengebom jenis Tu-22M3.

"Pada 23 Maret, selama persiapan penerbangan Tu-22M3 di sebuah pangkalan udara di wilayah Kaluga, sistem pelontar tidak sengaja diaktifkan," demikian pernyataan Kementerian Pertahanan Rusia.

"Karena insiden ini terjadi pada ketinggian yang terlalu rendah untuk menggunakan parasut, tiga awak mengalami luka fatal saat mendarat," imbuh pernyataan tersebut.

Penyebab pasti aktifnya sistem pelontar secara tiba-tiba itu belum diketahui.

Namun seorang sumber di kalangan otoritas pertahanan Rusia, seperti dikutip TASS, menuturkan bahwa sistem pelontar pada kursi pilot pesawat militer itu aktif tiba-tiba saat mesin dinyalakan. "Pelontar diaktifkan saat mesin dinyalakan," sebut sumber tersebut.

Tidak disebutkan lebih lanjut identitas tiga personel militer Rusia yang tewas dalam insiden ini. Sumber yang dikutip TASS menyebut salah satunya merupakan seorang komandan resimen.

"Tiga orang tewas, termasuk seorang komandan resimen yang duduk di kursi instruktur," tutur sang sumber.

Sumber:detik.com
Iklan Kelender event 2021 Disbudpar aceh