Kurang Laku, Toyota Suntik Mati Yaris

Kurang Laku, Toyota Suntik Mati Yaris
Toyota Yaris di AS disuntik mati. Foto: Carscoops

Jakarta, Acehbisnis.com - Toyota resmi menyetop produksi Yaris di Amerika Serikat. Kehadiran gelombang mobil crossover disebut jadi pemicu kurang diminatinya mobil sedan dan hatchback seperti Yaris.

Dikutip dari Carscoops, rencana Toyota ini diketahui dari sebuah bocoran surat memo yang di-posting di media sosial. Dalam surat dengan kop resmi logo Toyota itu dikatakan Yaris hatchback dan Yaris sedan akan dihentikan produksinya mulai akhir Juni 2020.

Menurut Carscoops, Toyota Yaris baru tidak akan lagi dijual di negeri Paman Sam setelah model tahun 2020. Kendati demikian, Zach Reed selaku perwakilan dari Toyota North Amerika memastikan negara lain di benua Amerika tetap memasarkan Yaris.

Amerika Serikat tidak hanya menyetop produksi dan penjualan Yaris sedan dan hatchback. Kemungkinan untuk menjual Yaris Crossover di masa depan pun sangat kecil sekali.

Keputusan Toyota menyuntik mati Yaris di AS bukanlah hal mengejutkan. Sebab penjualan mobil kompak ini memang sangat turun drastis dalam beberapa tahun terakhir.

Menurut Carsalesbase, Toyota hanya menjual 2.181 unit di Amerika Serikat tahun lalu atau hanya sedikit meningkat dari 1.940 unit yang terjual pada 2018. Angka tersebut jelas menurun jauh jika dibandingkan penjualan Yaris, yang mencapai 102.328 unit di tahun 2008 dan 10.872 unit di tahun 2016.

Sumber:detik.com