Kualifikasi MotoGP Doha 2021: Pramac Dominan, Pole Milik Jorge Martin

Kualifikasi MotoGP Doha 2021: Pramac Dominan, Pole Milik Jorge Martin
Pebalap Pramac Ducati Jorge Martin raih pole position MotoGP Doha 2021 (Getty Images/Mirco Lazzari )

Losail, Aceh Bisnis - Pramac Ducati menguasai sesi kualifikasi MotoGP Doha 2021. Dua pebalapnya ada di posisi teratas dengan pole position jadi milik Jorge Martin.

Pada sesi kualifikasi yang dihelat di sirkuit Losail, Minggu (4/4/2021) dini hari WIB, juara dunia Joan Mir kembali harus memulai dari Q1 dan bisa lolos ke Q2 bersama Miguel Oliveira dari KTM Racing.

Memasuki sesi Q2, para pebalap mempersiapkan sebaik mungkin motornya demi mencatatkan waktu tercepat. Jorge Martin langsung tancap gas di awal sesi Q2 dengan membukukan waktu tercepat diikuti Fabio Quartararo dan Aleix Espargaro.

Pebalap Yamaha Maverick Vinales lantas memperbaiki posisinya dari posisi kesembilan menjadi pertama ketika kualifikasi tersisa di bawah lima menit. Vinales terus menajamkan catatan waktunya.

Sayangnya, Pramac Ducati terlalu cepat di sesi ini dan Jorge Martin menembus catatan waktu tercepat untuk mengunci pole position. Hebatnya Jorge Martin meraih pole dengan menyingkirkan rekan setimnya Johann Zarco.

Bagi Martin, ini adalah pole pertamanya di balapan debut MotoGP musim ini, dengan waktu 1 menit 53,106 detik, unggul 0,025 detik dari Zarco di posisi kedua. Vinales di posisi ketiga punya waktu 1 menit 53,267 detik.

Pebalap pabrikan Ducati Jack Miller harus puas start dari posisi keempat disusul Fabio Quartararo. Melengkapi posisi 10 besar adalah Francesco Bagnaia, Aleix Espargaro, Alex Rins, Joan Mir, dan Franco Morbidelli.

Tampil buruk di sesi kualifikasi adalah Valentino Rossi yang harus start dari posisi ke-21 pada balapan, Senin (5/4/2021) dini hari WIB besok. Bisakah pebalap Petronas Yamaha itu mencetak angka?

Hasil Kualifikasi MotoGP Doha 2021.

Hasil Kualifikasi MotoGP Doha 2021 Foto: screenshot motogp.com
Sumber:detik.com