Komputer Terkencang di Dunia Pakai Arsitektur ARM

Komputer Terkencang di Dunia Pakai Arsitektur ARM
Ilustrasi komputer super. Foto: istimewa

Jakarta, Acehbisnis.com - Komputer super asal Jepang brenama Fugaku didaulat jadi komputer terkencang di dunia, dan jadi komputer berbasis ARM pertama yang jadi komputer paling kencang.

Fugaku dikembangkan oleh Riken dan Fujitsu, menggunakan system on a chip A64FX 48 core buatan Fujitsu. Fugaku masuk ke dalam daftar Top500 HPL dengan kemampuan komputasi mencapai 415,5 petaflop, 2,8 kali lebih kencang dari IBM Summit, pesaing terdekatnya.

Komputer super ini juga memuncaki daftar komputer terkencang untuk sejumlah pekerjaan lain, seperti Graph 500, HPL-AI, dan HPCG. Lagi-lagi, belum pernah ada komputer super sebelumnya yang bisa memuncaki empat daftar tersebut dalam waktu bersamaan.

Kehadiran komputer super asal Jepang jadi komputer terkencang, karena biasanya komputer tersebut berasal atau dibuat oleh perusahaan asal Amerika Serikat dan China. Terakhir kali ada komputer asal Jepang jadi pemuncak di daftar tersebut adalah sembilan tahun lalu, yaitu komputer K yang dibuat oleh Riken.

Sejauh ini ada 226 komputer super asal China, 114 dari Amerika Serikat, dan 30 dari Jepang, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Rabu (24/6/2020).

Fugaku bakal mulai beroperasi pada tahun fiskal mendatang, dan digunakan untuk eksperimen penelitian COVID-19, termasuk diagnostik, simulasi penyebaran virus SARS-CoV-2, dan juga efektivitas aplikasi contact tracing milik Jepang.

Sumber:detik.com