Kompetensi Kepala Sekolah Penentu Kemajuan Sekolah

Kompetensi Kepala Sekolah Penentu Kemajuan Sekolah
Foto: Acehbisnis.co

Banda Aceh (Aceh Bisnis) - Kompetensi Kepala Sekolah sangat menentukan maju mundurnya sebuah lembaga pendidikan di Tanah Air. Pasalnya tidak pernah ada sekolah yang bagus dipimpin oleh kepala sekolah yang buruk ataupun sebaliknya.

Hal itu disampaikan oleh Kepala BDK Aceh Salman Al Farisi dalam pembukaan Diklat Teknis Fungsional Calon Kepala Madrasah dan Diklat Subtantif Guru Fikih Madrasah Ibtidaiyah di Aula Balai Diklat Keagamaan Aceh, Senin (01/10/2018).

Ia menyatakan, belum pernah ditemukan sekolah yang gagal lalu berubah menjadi sukses dan sebaliknya sekolah yang sukses tiba-tiba menurun kwalitasnya dan menjadi gagal dengan mengabaikan peran kepala sekolahnya.

"Ini menyiratkan bahwa naik turunnya kwalitas sekolah sangat tergantung pula kepada kwalitas kepala sekolahnya itu,"ungkapnya.

Selain itu, tambah dia, untuk menjadi Kepala Madrasah atau sekolah dan berhasil tentunya harus memiliki beberapa kriteria, yakni kepercayaan, jujur, dan amanah.

"Ketika sudah memimpin sebuah lembaga, baik itu lembaga pendidikan atau lembaga formal lainnya, seorang leader (pemimpin) itu harus mempunyai sikap percaya diri agar tidak menghambat kemajuan,"jelas Salman.

Kepada peserta Diklat Subtantif Guru Fikih Madrasah Ibtidaiyah, Kepala BDK Aceh ini mengharapkan agar para guru fikih dapat mendidik siswa bagaimana cara melakukan ibadah yang benar dan sesuai dengan tuntunan ilmu fikih yang sebenarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Nusyirwin mengatakan, kegiatan diklat ini diikuti sebanyak 30 orang peserta, dan akan berlansung 17 hari mulai 1 - 17 Oktober 2018.(ril/ded)