Kodim 0114 Aceh Jaya Ajak Warga Cegah Karhutla

Kodim 0114 Aceh Jaya Ajak Warga Cegah Karhutla

Meulaboh - Kodim 0114 Aceh Jaya meminta masyarakat untuk berperan aktif dalam mencegah terjadinya bencana karhutla yang kerap terjadi di Aceh Jaya saat musim kemarau tiba.

"Saat ini ratusan prajurit TNI telah dikerahkan ke lokasi rawan kebakaran di wilayah Aceh Jaya. Mereka ditugaskan untuk melakukan pengawasan dan fokus pada pencegahan kebakaran lahan di wilayah rawan,"ujar Dandim 0114 Aceh Jaya Letkol CZI Arief Hidayat kepada RRI Selasa (12/02/2020).

Ia meminta kepada warga, agar tidak takut melaporkan dan menegur warga yang membersihkan lahan dengan cara membakar.

"Allhamdulillah peran TNI disambut positif oleh masyarakat setempat dalam mencegah Karhutla di Aceh Jaya,"tandasnya.

Dirinya juga meminta kepada pihak BPBK Aceh Jaya agar menjadi pendamping TNI ketika melakukan patroli, karena dari pihak Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten itu harus menjadi garda terdepan dalam mengatasi karhutla ini.

"BPBK ini kan garda terdepan dari BNPB pusat, jadi kami sangat mendorong BPBK Aceh Jaya mensupport kegiatan kami dalam mencegah karhutla ini,"harapnya.

Dirinya juga menambahkan, pihaknya akan terus melakukan kegiatan serupa dan meningkatkan intensitas patroli rutin bahaya Karhutla di wilayah Aceh Jaya.

"Meskipun sampai saat ini tidak ada timbul lagi titik panas, kita akan tetap terus waspada akan terhadap ancaman karhutla ini,"ungkapnya.(*)