Kisah Roger Danuarta Mualaf, Ternyata Bukan karena Cut Meyriska tapi...

Kisah Roger Danuarta Mualaf, Ternyata Bukan karena Cut Meyriska tapi...
Roger Danuarta dan Cut Meyriska/ Foto: Pool/Noel/detikFoto

Jakarta, Aceh Bisnis - Sudah hampir dua tahun Roger Danuarta dan Cut Meyriska membina rumah tangga. Hubungan cinta pasangan ini dikabarkan sempat tak mendapat restu ayah Cut Meyriska, Bunda.

Sebelum menikahi sang pujaan hati, Roger diketahui memutuskan memeluk agama Islam atau menjadi mualaf. Sempat beredar isu bahwa Roger memutuskan jadi mualaf untuk membuktikan cintanya pada Cut Meyriska.

Belum lama ini, pria keturunan Tionghoa itu akhirnya buka suara. Menurut Roger, keputusannya menjadi mualaf sama sekali tidak ada hubungannya dengan Cut Meyriska.


"Enggak sih, kalau urusan mualaf enggak ada urusan dengan Chika (panggilan Cut Meyriska) sih, itu urusan pribadi," kata Roger, dikutip dari YouTube Ussy Andhika Official, Minggu (28/2/2021).

Sebelum resmi menjadi mualaf, Roger ternyata pernah berucap syahadat sendiri. Hal tersebut diceritakan sang istri yang tampak menemani pra 38 tahun itu bersama Andhika Pratama dan Ussy Ussy Sulistiawaty.

"Jadi, mualaf itu sebenarnya dua kali, pertama itu Roger sendiri (syahadat sendiri) dan mau pindah KTP (tapi enggak ada sertifikat mualaf)," ujar Cut Meyriska.

"Dia kan baru ya, jadi menurut dia mualaf antara dia dan Tuhan. Paling ada saksi, ustaz yang ada di masjid, gitu-gitu doang."

Roger pun membenarkan bahwa keinginannya masuk Islam adalah urusan pribadi. Pria 38 tahun itu pun mengakui dirinya lebih baik setelah jadi mualaf.

"Ngerasa ya, mungkin buat gua jadi lebih baik. Sebenarnya, agama gua yang sebelumnya atau sekarang, cara gua memandang sebuah agama ya gua benar-benar yakin kalau itu urusan pribadi sama Tuhan. Terus juga yang gua rasain, Islam bisa membuat gua jauh lebih baik lagi sih," ungkapnya.

Sebelum jadi mualaf, Roger ternyata sempat hilang komunikasi dari Cut Meyriska. Wanita 27 tahun itu bahkan sempat menganggap hubungannya benar-benar berakhir dengan Roger, Bunda.

Hubungan Roger dan Cut Meyriska sebelum menikah

Sebelum memutuskan masuk Islam, Roger sempat hilang komunikasi dari Cut Meyriska. Hal ini sempat bikin Cut Meyriska berpikir yang tidak-tidak tentang hubungannya dengan Roger.

"Waktu dia mau mualaf itu, sama aku enggak komunikasi beberapa hari. Aku juga heran, ini orang kok hilang kabar. Oh mungkin kayak dulu lagi, aku juga enggak maksain, karena tiba-tiba banget," kata Cut Meyriska.

"(Saat itu) Dia lagi syuting dan aku sama teman-teman ke Singapura. Ternyata, dia lagi berpikir mungkin ya, aku juga kurang jelas, aku masih tanda tanya juga."

Mendengar pernyataan sang istri, Roger langsung menjelaskan alasannya memutus komunikasi saat itu. Menurutnya, dia memang tengah berusaha meyakini diri sendiri untuk pindah agama, Bunda.

"Enggak komunikasi memang (untuk) menyakini diri sendiri, apakah memang benar ini yang gua mau, apakah ini yang gua cari. Ibaratnya meyakinkan diri sendiri, cari tahu gitu kan. Akhirnya gua yakin memang ini yang gua mau," ujar Roger.

Untuk meyakinkan dirinya, Roger juga bertanya dan meminta izin sang ibu. Sikap ibunda Roger ini bahkan membuat Cut Meyriska bangga sebagai menantu.

Dukungan ibunda Roger Danuarta

Ibunda Roger Danuarta, Eeng Wiratmadja, menjadi orang penting yang mendukungnya pindah agama atau menjadi mualaf. Saat berusaha meyakinkan diri sendiri, Roger tak lupa meminta izin sang ibu.

Menurut Roger, sang ibu memberi kebebasan penuh padanya untuk memeluk agama Islam. Ibunda Roger hanya ingin putranya itu tak main-main soal keputusan dan pilihannya itu, Bunda.

"Itu pun gua tanya dan izin dulu sama nyokap, saudara-saudara gua, dan mereka semua 'ya terserah lo' karena agama itu hubungan pribadi dengan Tuhan. Nyokap bilang 'kalau memang benar mau pindah, jalaninnya yang benar, belajar baca quran, salat yang benar'," kata Roger.

Dukungan ibunda Roger ini pun membuat Cut Meyriska bangga sebagai menantu. Wanita berdarah Aceh ini mengatakan bahwa ibunda Roger banyak memberi semangat pada sang putra untuk belajar Islam dari awal.

"Nyokapnya hebat lho, nyuruh dia (baca) Iqra 'lo jangan cuma pindah doang, (tapi) enggak belajar apa-apa'. Dia belajar ngaji di dekat rumah dan lokasi syuting itu karena nyokapnya yang ngomong,' ujar Cut Meyriska.