Keuchik Keude Paya Abdya Bangun Ruko Untuk Tingkatkan PAD

Keuchik Keude Paya Abdya Bangun Ruko Untuk Tingkatkan PAD
Satu Unit Ruko Siap Disewakan Demi Peningkatan PAD Gampong Keude Paya. (Foto AcehBisnis/Yusnizar)

Blangpidie - Keberhasilan Keuchik Gampong Keude Paya Kecamatan Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dalam mengelola anggaran desa patut dicontohkan oleh gampong lain. Tahun 2019 lalu, Keuchik dimaksud dilaporkan telah membangun satu unit Ruko dengan tujuan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) gampong dimaksud.

"Alhamdulillah, Tahun 2019 kami berhasil membangun satu unit ruko. Tahun sebelumnya ada kami bangun lapangan voly dan tribune serta rumah,"ucap Baihaki, Keuchik Gampong Keude Paya Kecamatan Blangpidie kepada AcehBisnis Rabu (15/1/2020).

Menurutnya, anggaran pembangunan ruko itu bersumber dari Dana Desa (DD) Tahun anggaran 2019 dan sarana ini untuk kepentingan warganya terutama peningkatan PAD karena dari PAD akan bisa digunakan untuk keperluan lain.

"Gampong Keude Paya sangat membutuhkan sarana dan prasarana seperti ini. Selain untuk peningkatan PAD juga sebagai bukti bakwa kami berhasil membangun gampong,"sebut Keuchik itu.

Ia menjelaskan, pembangunan ruko dan sarana lainnya di desa ini dilakukan berdasarkan hasil musyawarah gampong. Masyarakat Keude Paya ingin membangun ruko tahun ini dan itu harus dilakukan oleh perangkat gampong.

"Nanti ruko ini kami sewakan kepada yang memerlukan dengan harga pasaran. Dari hasil sewa ruko itu PAD akan mengalir untuk Gampong Keude Paya,"tambah beliau yang didampingi perangkat gampong lainnya.

Seorang warga setempat mengaku sangat senang dan bersyukur dengan apa yang dilakukan pimpinan desanya. Menurutnya, pembangunan ruko sudah sangat tepat karena selain bisa meningkatkan PAD gampong juga bisa menciptakan keindahan bagi gampong dimaksud.

"Saya rasa sangat bagus kalau Keuchik membangun ruko. Sekarang gampong kami dari segi sarana dan prasarana sudah lumayan bagus jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Artinya ada peningkatan di bidang pembangunan,"demikian warga Keude Paya.()

Iklan Disbudpar Aceh