Kemenkes Jelaskan Cairan Penyemprot WNI dari Wuhan yang Dibahas Netizen

Kemenkes Jelaskan Cairan Penyemprot WNI dari Wuhan yang Dibahas Netizen
WNI disemprot cairan disinfektan. (Dok. Kemlu)

Jakarta -

Warganet ramai membahas cairan yang disemprotkan ke warga negara Indonesia (WNI) dari Wuhan China yang dipulangkan akibat wabah virus Corona. Ada yang mengatakan itu alkohol, ada yang heran dengan langkah pembersihan itu.

Dari pemandangan pendaratan para WNI dari Wuhan China di Bandara Hang Nadim Batam, Minggu (2/2) kemarin, terlihat petugas menyemprotkan cairan ke para WNI yang turun dari tangga pesawat. Cairan itu berasal dari tabung yang digendong petugas berpakaian khusus warna kuning.

Ada tulisan di tabung itu cairan itu, bunyinya 'alkohol'. Namun itu bukanlah alkohol untuk membuat orang mabuk. Itu adalah cairan disinfektan.

"Itu ngawur, itu bukan 'alkohol' itu yang ada tulisannya alkohol. Mana ada disemprot alkohol yang bikin mabuk? Itu pakai disinfektan," kata Sekretaris Setditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Achmad Yurianto, kepada wartawan, Minggu (3/2/2020).

Disinfektan adalah bahan kimia (seperti lisol, kreolin) yang digunakan untuk mencegah terjadinya infeksi atau pencemaran oleh jasad renik, atau juga obat untuk membasmi kuman penyakit.

"Fungsinya mematikan bakteri dan virus yang menempel. Itu memang dibuat untuk manusia, untuk disemprotkan ke orang," kata Achmad Yurianto.