Kemenag Aceh Barat Kirim Guru Relawan untuk Madrasah Terpencil

Kemenag Aceh Barat Kirim Guru Relawan untuk Madrasah Terpencil
Kemenag Aceh Barat Kirim Guru Relawan untuk Madrasah Terpencil.(Istimewa)

Meulaboh, Aceh Bisnis - Sebagai upaya mencerdaskan anak negeri di pelosok daerah, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat mengirim guru relawan untuk madrasah terpencil di daerah pelosok.

“Untuk tahap pertama, kita fokuskan untuk MTsS Pocut Baren untuk menutupi kekurangan guru di sana,”jelas Kepala Kantor Kementerian Agama Aceh Barat, H Khairul Azhar saat pelepasan guru relawan mencerdaskan anak negeri 2021.

Pelepasan guru relawan dilakukan oleh Bupati Aceh Barat, diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Barat, Marhaban, Kamis (4/2/2021) di halaman belakang Kantor Bupati Aceh Barat.

Khairul Azhar menjelaskan, program guru relawan diikuti oleh para guru madrasah dan penyuluh agama Islam yang betul-betul ikhlas untuk mengabdikan diri dalam mencerdaskan anak bangsa dengan sukarela, tanpa pamih dengan menggunakan biaya mandiri.

Ia menambahkan, rekrutmen guru relawan dibuka sejak pertengahan Januari 2021 secara online (dalam jaringan) yang dikhususkan untuk guru madrasah dan penyuluh agama Islam di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat.

“Alhamdulillah banyak yang mendaftar untuk mengabdikan diri mereka. Ada yang berstatus PNS dan ada juga yang non PNS,”tambahnya.

Ia juga menyebutkan, sesuai data yang sudah diterima panitia, guru relawan yang siap ditugaskan menjadi guru relawan sebanyak 92 orang, terdiri dari 80 guru madrasah dan 12 orang dari penyuluh agama Islam.

Selain itu, kata dia, untuk mendukung program tersebut, Komando Distrik Militer (Kodim) 0105 Aceh Barat melalui Bintara Pembina Desa (Babinsa) Komando Rayon Militer (Koramil) Kecamatan Sungai Mas juga ikut mendukung untuk membina pertanian produktif yang dapat menambah penghasilan madrasah yang nantinya dapat dimanfaatkan untuk pengembangan kualitas madrasah.

“Ini juga salah satu amanat pasal 31 ayat 1 UUD 1945 untuk memberikan hak pendidikan kepada setiap warga negara,”pungkasnya.()

Iklan Kelender event 2021 Disbudpar aceh