Kasus Covid19 di Simeulue Terus Meningkat

Kasus Covid19 di Simeulue Terus Meningkat

Simeulue, Aceh Bisnis - Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Simeulue terus meningkat. Baru-baru ini, Wakil Bupati Simeulue dikabarkan positif Corona, dan kini bertambah 2 orang. 

Hal tersebut disampaikan Ali Muhayatsah, Jubir Covid-19 Kabupaten Simeulue dalam jumpa pers dengan wartawan di Gedung Media Center, Sabtu (19/09/2020).

"Hari ini bertambah lagi 2 kasus positif Covid-19 di Kabupaten Simeulue. Dari 76 orang yang positif Covid-19, kini sudah menjadi 78 orang warga simeulue yg Positif Covid-19,"ujar Ali Muhayatsah.

Dikatakannya, informasi yang diterima pihaknya, dari Dinas Kesehatan dan RSUD Kabupaten Simeulue bahwa hari ini 2 orang bertambah positif Covid-19 di Kabupaten Simeulue. 

"Hari ini bertambah 2 dua orang yang positif Covid-19 yakni inisial EU (56) dan MS (28),"ungkap Jubir Covid19 Simeulue.

EU (56) melakukan Swab Mandiri di Banda Aceh dan hasilnya keluar pada Jum'at (18/09/2020). Dari hasil Swan EU dinyatakan positif Covid-19, dan saat ini EU sedang melakukan karantina mandiri di Banda Aceh. Sedangkan MS (28) telah dilakukan pengambilan sampel swab di Simeulue oleh tim Dinas Kesehatan, dan MS saat ini sedang melakukan karantina mandiri di Teupah Selatan, Kabupaten Simeulue. 

Ali Muhayatsah juga menambahkan, untuk saat ini tim gugus tugas akan melakukan Treking terhadap pasien yang positif Covid-19 dan orang orang yang pernah melakukan kontak langsung dengan pasien. Treking itu dilakukan atas perintah Wakil Bupati Simeulue kepada Jubir Covid19 untuk memutuskan mata rantai penyebaran virus Corona. 

"Sekarang tim sedang melakukan treking terhadap pasien yang positif Covid-19, dan sesuai juga dengan perintah Ibu Wakil Bupati kepada saya selaku jubir untuk juga melakukan treking terhadap yang ada berkontak langsung dengan beliau,"ujar Ali Muhayatsah.

Dia juga menyatakan, data treking yang melakukan kontak langsung dengan Wakil Bupati Simeulue berkisar 40 orang, dan dalam jangka dekat akan dilakukan tes Swab. 

Perkembangan positif Covid-19 di Kabupaten Simeulue hingga Jumat (19/09/2020) sudah mencapai 78 orang. Pasien dalam pemantauan atau sembuh 36 orang, Pasien dalam pemantauan ( karantina mandiri ) sebanyak 38 orang, dan meninggal dunia 4 orang. 

Sementara itu, Bupati Simeulue Erli Hasim menghimbau kepada seluruh masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran Virus Covid-19 dengan cara mematuhi Protokol Kesehatan. 

"Dengan bertambahnya positif Covid-19 di Simeulue masyarakat diharapkan terus mematuhi protokol kesehatan, menghindari keramaian, jangan membuat acara yg bisa mengumpulkan orang banyak, jangan keluar rumah kalau tidak penting, selalu jaga kebersihan,"pungkad Erli Hasim.