Kasdam IM Hadiri Apel Siaga Gabungan dan Gelar Peralatan

Kasdam IM Hadiri Apel Siaga Gabungan dan Gelar Peralatan

Banda Aceh - Kepala Staf Kodam Iskandar Muda Brigjen TNI A. Daniel Chardin menghadiri Apel Siaga Gabungan dan gelar peralatan Prov. Aceh di Lapangan Blang Padang. Kamis, 30/01/20.

Apel Siaga Gabungan dan Peralatan Tersebut mengusung Tema Meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam penanggulangan Bencana "Bencana adalah urusan bersama".

Asisten 1 keistimewaan aceh, Jafar Is, selaku Inspektur Upacara Dalam Amanatnya menyampaikan, Kita tidak tau bencana apa lagi yg akan datang ke depen. Yang terpenting kita harus terus berdoa agar Aceh terhindar dari bencana, selain itu selalu meningkatkan kewaspadaan serta sosialisasi kepada masyarakat tentang kebencanaan. Seluruh tim dan relawan harus siaga, dan upaya melatih diri harus di latihkan siap bekarja cepat dalam situasi darurat.

Sesuai amanat UU no 11 Ta. 2006 tentang pemerintah Aceh kususnya pasal 223 menyebutkan pemerintah Daerah wajib melakukan langkah prefentif dalam penanggulangan bencana, Namun tanpa dukungan relawan dan masyarakat program tersebut tidak dapat terlaksana dengan baik, maka dari itu koordinasi antar lembaga perlu ditingkatkan sehingga misi penanggulangan bencana dapat terlaksana dengan baik, ungkapnya.

Apel siaga yg kita gelar hari ini adalah bagian untuk memperkuat koordinasi penanggulangan bencana di Aceh. Selain itu sebagai wahana untuk menyegarkan kembali pengetahuaan dengan kebencanaan dan pemetaan kawasan rawan bencana sehingga kita dapat mengetahui dan memahaminya. Semua peralatan pendukung harus disiapkan sehingga siap digunakan apabila dibutuhkan sewaktu-waktu.

Usai pelaksanaan Apel Kasdam IM Berserta Undangan Lainnya Meninjau langsung peralatan yang digelar Disisi kanan kiri pasukan Upacara untuk melihat kesiapan dan kelengkapan alat-alat yang dimiliki instansi-instansi terkait terhadap penaggulangan Bencana.

Apel tersebut Turut diikuti dari TNI, Polri, BNPB, pemadam kebakaran, PMI, Basarnas, Satpol PP, WH, BMKG, Tagana, Polhut, Bpba, dan turut dihadiri Asops Kasdam IM, Karoops polda Aceh, Kepala Pelaksana BPBA, Kanwil Kemenkumham aceh, perwakilan BUMN, Bumd, dan Relawan Aceh.