Kasad Lantik Dua Putra Terbaik Asli Papua

Kasad Lantik Dua Putra Terbaik Asli Papua

Jakarta, acehbisnis.com – Dua putra terbaik Papua, yaitu Mayjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau dan Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra secara resmi menjabat sebagai Danpusterad dan Pangdam XVIII/Ksr setelah acara Serah Terima Jabatan yang dipimpin Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa di Mabesad.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Kolonel Inf Nefra Firdaus, S.E., M.M dalam rilisnya, Jakarta, Senin (11/5/2020).

Dijelaskan oleh Nefra, bahwa pergantian tersebut berdasarkan Surat Perintah Kasad nomor : Sprin/1205/V/2020 tanggal 5 Mei 2020 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI AD.

“Dalam acara itu juga dilaksanakan Sertijab Pangdam XVIII/Ksr dari Mayjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau kepada Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra,” ujar Nefra.

Nefra jelaskan, Sertijab Danpusterad kali ini berbeda, dimana Mayjen Joppye menduduki jabatan Pati Bintang Tiga atau Letjen.

“Bertepatan dengan validasi organisasi Pusterad. Ini juga sejarah baru, tidak saja bagi TNI AD tapi juga Indonesia, khususnya masyarakat Papua,” tegas Nefra

“Sedangkan, Mayjen Arif Rahman akan menempati posisi jabatan baru sebagai Pa Ahli TK III Kasad bidang Komunikasi Sosial,”imbuhnya.

Dari catatan yang ada, Joppye Onesimus Wayangkau merupakan kelahiran Serui, Papua tanggal 17 Juli 1962, serta lulusan Akademi Militer (Akmil) 1986.

“Beliau (Mayjen Joppye) juga lulusan Lemhannas tahun 2013, dimana sebelumnya telah malang melintang di beberapa jabatan strategis, sebelum menjadi Pangdam XVIII/Ksr,” kata Nefra.

“Sedangkan Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra, juga terlahir di Serui (6 Januari 1963) lulus dari Akmil 1987 serta Lemhannas tahun 2015. Sebelumnya beliau menjabat sebagai Wakil Komandan Sesko TNI, sejak 14 Agustus 2019,” ujar Nefra.

“Sama dengan Mayjen Joppye, beliau juga memiliki berbagai pengalamam jabatan yang luar biasa baik di TNI AD maupun di Wantannas,” imbuhnya.

Dijelaskan Kadispenad, kenaikan jabatan Danpusterad mengacu pada Perkasad nomor 26 tahun 2019, yang merupakan turunan dari Perpres 66 tahun 2019 tentang Susunan Organisasi TNI.

“Terlepas dari itu, berbagai prestasi dan capaian beliau berdua ini menjadi catatan bagi kita semua bahwa Papua melahirkan putra-putra terbaiknya untuk membangun Indonesia yang lebih baik,” tegas Pria kelahiran Padang Sidempuan ini.

Untuk diketahui, dalam Sertijab kali ini juga dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan, yaitu physical distancing guna mencegah penularan pandemi Covid-19.

Sebelum upacara Sertijab, yang pelaksanaannya dirangkaikan dengan laporan korps kenaikan pangkat 13 Pati TNI AD, Kasad dan semua yang hadir menyaksikan tayangan slide show dokumentasi foto-foto perjalanan karier pejabat tersebut.

“Presentasi itu juga bukan hanya untuk memperkenalkan siapa yang Sertijab atau naik pangkat, tapi juga momen pewarisan nilai-nilai kepada kita tentang jejak pengabdian dan capaian kinerja mereka, termasuk dalam hubungan keluarganya juga,” pungkas Kadispenad.

Selain didampingi Ketua Umum Persit KCK Ny. Hetty Andika Perkasa, dalam acara tersebut juga hadir Wakasad Letjen TNI Moch. Fachruddin, Pangkostrad, Dankodiklatad, Koorsahli Kasad, Irjenad, para Asisten Kasad, Kadispenad serta para Pati TNI AD yang naik pangkat beserta istri.