Kankemenag Abdya Minta Siswa Madrasah Tingkatkan Kemampuan Menghafal Alquran 

Kankemenag Abdya Minta Siswa Madrasah Tingkatkan Kemampuan Menghafal Alquran 
Kankemenag Abdya Minta Siswa Madrasah Tingkatkan Kemampuan Menghafal Alquran.(Istimewa) 

Blangpidie, Aceh Bisnis - Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Aceh Barat Daya (Abdya) Drs Salihin Mizal meminta pihak sekolah Madrasah di sembilan Kecamatan dalam Wilayah Kabupaten itu untuk meningkatkan kemampuan menghafal Alquran para siswa.

Pernyataan itu disampaikan oleh Salihin dalam kegiatan perpisahan siswa MAN Abdya dan Wisuda Tahfiz Kelas III di Kecamatan Blangpidie, Rabu (31/3/2021).

"Alhamdulillah, program Kemenag dalam satu hari, satu ayat dihafal sudah berjalan dengan baik. Dan ini harus dipertahankan,"ucap Salihin. 

Kemudian katanya, para siswa Madrasah di Abdya wajib menghafal Juz 30 sampai akhir. "Inilah madrasah sekolah yang berbasis agama. Kami ingin mensinkronisasi program masyarakat yang Islami yakni mampu baca Alquran,"ucap Salihin. 

Salihin juga menjelaskan, kenapa program ini diciptakan, karena setelah tamat dari Madrasah, kalau ingin menjadi Imam di tingkat desa sudah sangat mantap dengan mampu menghafal Alquran minimal 3 Juz. Terkait program Tahfidh, menurutnya, sudah berjalan dengan sangat baik dan akan terus bergulir bersama dewan guru.

Pada kesempatan itu, Kepala Kemenag Abdya juga mengentes satu persatu siswa yang mampu menghafal Alquran.  Bahkan beliau juga membagikan hadiah kepada siswa yang mampu menyambung setiap ayat yang dibacakan oleh Kepala Kemenag.

Sementara itu, Kepala MAN Abdya 
Syamsul mengharapkan kepada siswa yang sudah lulus dan akan melanjutkan ke berbagai Perguruan Tinggi (PT) agar menjaga nama baik Madrasah. Jangan sampai di PT nanti bisa membuat malu pihaknya. "Jaga nama baik kami. Jangan lupakan orang tua,"pesan Kepala MAN Abdya itu. 

"Hari ini kami melepas kalian karena tiga tahun yang lalu saudara (Wali Siswa) telah mengantar siswa kemari. Selama tiga tahun kami mengajar, kadang ada kekurangan dan tidak dapat memuaskan anak ibu. Kami minta maaf,"lanjutnya.()