Kadisdik Aceh: Masih Ada 71 SMA/SMK dan SLB Belum Miliki Akses Jaringan Internet

Kadisdik Aceh: Masih Ada 71 SMA/SMK dan SLB Belum Miliki Akses Jaringan Internet

Banda Aceh, Aceh Bisnis - Dinas Pendidikan Aceh mencatat masih ada sekitar 71 SMA/SMK dan SLB yang belum memiliki akses jaringan internet di Provinsi itu.

"Untuk itu, Dinas Pendidikan dan Dinas Komunikasi, Informatikan dan Persandian terus berupaya mengatasi persoalan jaringan internet di seluruh Aceh,"kata Kepala Dinas Pendidikan Aceh, H Rachmat Fitri HD di Banda Aceh, Rabu (7/10/2020).

Saat ini, kata Kadisdik, Pemerintah Aceh juga terus berupaya agar jaringan internet di seluruh Aceh dapat berjalan secara optimal. "Ini harapan kita bersama agar pembelajaran secara daring dapat berjalan maksimal kedepannya.”

Selain itu, Sebut Rachmat, saat ini berdasarkan data dapodik jumlah guru di Aceh mencapai 25.835 orang. Sedangkan kompetensi guru terhadap penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk pembelajaran sebagian besarnya dinilai masuk dalam kategori standar.

“Hal itu telah dilakukan survey dan penilaian khusus terhadap 8.059 guru sebagai sampel. Kami berharap agar para guru terus berupaya meningkatkan kualitasnya terutama dalam penggunaan IT untuk pembelajaran,”ujarnya.

Ia juga mengharapkan, kedepan agar pembelajaran berjalan secara optimal maka beberapa hal yang perlu dilakukan yaitu peningkatan kompetensi guru, pemerataan guru, ketersedian sarana pendukung pembelajaran, sumber belajar dan manajemen kepemimpinan di sekolah.

“Dengan adanya desain peningkatan dan pengembangan mutu pendidikan Aceh melalui optimalisasi proses pembelajaran, maka akan lahir output dan outcome hasil pembelajaran terus meningkat setiap tahunnya,”ungkap Kadisdik Aceh ini.

Untuk menghasilkan itu, sebut dia, maka diperlukan sebuah unit layanan pengembang TIK pembelajaran dan layanan data terpusat dan terintegrasi. Sehingga akan menghasilkan data dan statistic sebagai landasan perencanaan untuk pengembangan dan pendayagunaan TIK dalam proses pembelajaran.()