Kadisdik Aceh : Fungsi Manajerial Kepala Sekolah Perlu Ditingkatkan

Kadisdik Aceh : Fungsi Manajerial Kepala Sekolah Perlu Ditingkatkan

Lhokseumawe, Aceh Bisnis - Kepala sekolah diminta agar dapat menerapkan berbagai metode pembelajaran untuk mencapai target lulusan yang kompetitif. Termasuk bekerjasama dengan muspika dan aparat keamanan (Babinsa dan Babinkamtibmas) untuk dapat melaksanakan pembelajaran secara optimal di satuan pendidikan.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs H Rachmat Fitri HD, MPA saat melakukan monitoring pelaksanaan proses pembelajaran SMA dan SMK di Kabupaten Aceh Utara, Kamis (8/10/2020).

"Fungsi manajerial kepala sekolah sangat penting. Sehingga akan melahirkan kerjasama dan kolaborasi yang baik dalam upaya menyiapkan para lulusan yang bermutu dan berdaya saing," imbuhnya.

Meski Proses Belajar Mengajar (PBM) tatap muka tidak dapat berjalan maksimal saat ini, kata dia, para kepala sekolah dan guru diminta untuk lebih serius dalam melaksanakan PBM secara daring dan offline dengan berbagai metode pembelajaran.

"Bisa saja guru menerapkan metode pembelajaran dengan memberikan bahan ajar atau materi dan soal kepada siswa setiap minggunya. Dimana guru mengantarkannya ke rumah siswa atau dititik yang telah ditentukan bersama untuk diambil materinya," ungkapnya.

Menurut dia, metode ini akan lebih efektif dilakukan pada daerah yang tidak memiliki akses jaringan internet yang baik. Dia menilai metode ini akan lebih memudahkan guru dan siswa.

Selain itu, diperlukan kekompakan dan kebersamaan dalam melaksanakannya.

"Karena nantinya semua guru dilibatkan untuk mengantarkan materi dan soal-soal tersebut ke tempat tinggal siswa secara bergiliran setiap minggunya," terangnya.

Dengan adanya keterlibatan Babinsa dan Babinkamtibmas, maka diyakini akan mudah dilakukan pengawasan terhadap siswa dan siswi yang berasal dari desa binaan aparat keamanan tersebut.()