Jelang Bulan Ramadhan, Baitul Mal Aceh Barat Salurkan Zakat Rp 7,6 Miliar

Jelang Bulan Ramadhan, Baitul Mal Aceh Barat Salurkan Zakat Rp 7,6 Miliar

Meulaboh, Aceh Bisnis – Dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1422 Hijriah. Pemerintah Kabupaten Aceh Barat melalui Badan Baitul Mal Aceh Barat menyalurkan Zakat tahun ini sebesar Rp 7.646.950.000 yang akan dibagikan kepada 13.005 orang penerima.

Pembagian zakat tahap awal ini dilaksanakan di Kecamatan Sungai Mas yang berlangsung di halaman kantor Camat setempat, selasa, (23/03/2021).

Pembagian zakat ini akan dibagikan atas tiga senif, yaitu fakir berjumlah 4.730 orang, miskin 7.306 orang dan Baitul mal Gampong sebanyak 969 orang yang tersebar di 12 kecamatan di Kabupaten Aceh Barat.

Bupati Aceh Barat Ramli MS dalam sambutannya mengatakan bahwa zakat, infaq dan shadaqah ini merupakan bantuan senif fakir miskin penerimaan tahun 2020 untuk penyaluran tahun 2021, dan ini merupakan rahmad Allah yang patut disyukuri.

"Kita harapkan untuk tahun depan pengumpulan dana ZIS akan lebih meningkat dari tahun-tahun sebelumnya, sehingga dengan dana ZIS ini banyak masyarakat yang membutuhkan dapat terbantu," ujar Ramli.

Ia menambahkan bahwa berkat doa para fakir dan miskin lah daerah ini menjadi kuat, bila fakir dan miskin penerima ZIS ini taat kepada perintah Allah maka kuat lah daerah ini, dan bila sebaliknya maka tunggu lah kehancuran imbuhnya.

Untuk itu ia berharap kepada masyarakat penerima ZIS ini agar selalu mendoakan daerah dan negara ini agar selalu aman, nyaman dan damai, serta gunakanlah dana ini untuk beribadah kepada Allah SWT.

"Semoga dengan disalurkannya ZIS ini dapat mendongkrak perekonomian masyarakat sehingga terpenuhi kebutuhan dasar rumah tangga, untuk itu ia berharap pergunakanlah sesuai dengan kebutuhan serta niatnya untuk ibadah," tegasnya.

Senada dengan itu, ketua Baitul Mal Aceh Barat Tgk. Bakhtiar mengatakan ZIS ini akan di salurkan kepada 12 kecamatan di lingkup pemerintahan Kabupaten Aceh Barat.

"Untuk perdananya disalurkan dikecamatan Sungai Mas dan diserahkan secara simbolis oleh Bupati Aceh Barat H. Ramli MS," ujarnya.

Tgk Bahktiar menjelaskan bahwa untuk kecamatan sungai Mas fakir penerima Zis ini berjumlah 235 orang dengan basaran zakat yang diterima sebesar Rp. 800.000/orang dan untuk senif miskin berjumlah 358 orang dengan besaran zakat yang diterima sebesar Rp. 500.000/orang sedangkan untuk senif Baitul Mal Gampong berjumlah 54 orang dengan masing-masing gampong berjumlah 3 orang dengan besaran dana yang diterima berjumlah Rp. 216,666/orang secara keseluruhan berjumlah Rp. 11.700.000.

Lebih lanjut Tgk Bakctiar mengatakan bahwa penerima ZIS untuk tahun ini berjumlah 13.005 orang dengan total Zis yang dikumpulkan berjumlah Rp. 7.646.950.000 yang akan disalurkan kepada senif Fakir dan miskin serta Baitul Mal Gampong.