Jalan Menuju SLTPN 3 Manggeng Abdya Sangat Memprihatinkan

Jalan Menuju SLTPN 3 Manggeng Abdya Sangat Memprihatinkan
Jalan Menuju SLTPN 3 Manggeng, Aceh Barat Daya Dalam Kondisi Memprihatinkan. Foto AcehBisnis.com/Yusnizar

ngpidie, Aceh Bisnis - Jalan menuju SLTP Negeri 3 Kecamatan Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) kondisinya sangat memprihatinkan dan rusak parah setelah diterjang banjir berapa waktu yang lalu. Padahal jalan itu berada dalam kawasan zona pendidikan, namun pemerintah belum mengaspalnya hingga sekarang.


Dinas PUPR Abdya atau Dinas Perkim dan LH terkait diminta turun ke lokasi untuk melakukan pengecekan. Tentunya mengaspal jalan itu sehingga bisa dimanfaatkan oleh para pelajar di sana.


"Sebelumnya pihak Dinas PUPR Abdya tahun ini telah berjanji untuk mengaspal jalan ini tapi informasi terakhir sudah gagal lagi dengan alasan akibat pemotongan dana,"ucap Sayed kepada AcehBisnis Sabtu (20/3/2021).


Menurutnya, memang jalan itu sudah rusak setelah diterjang banjir beberapa waktu yang lalu sehingga sekarang makin memprihatinkan, "kasihan para pelajar yang sekolah di sana karena akses jalan sangat parah,"kata warga Kecamatan Manggeng saat ditemui di lokasi.


Menurutnya, kondisi jalan dimaksud tak ubahnya jalan menuju ke gunung, malah lebih bagus jalan menuju ke gunung. "Coba lihat tidak ada nampak aspal, yang nampak hanya batu dan kerikil yang tajam. Dan ini sangat menganggu ketentraman masyarakat yang melintas termasuk pelajar tadi,"tambah Sayed lagi.


Ia menjelaskan, jalan itu selalu masuk dalam usulan Musrenbang Kecamatan tetapi selalu gagal didanai. Oleh karena itu, kedepan atau tahun ini, pihak Dinas PUPR atau Perkim atau BPBK setempat harus mampu menyediakan anggaran untuk pembangunan jalan tersebut.


"Jalan itu sudah sangat layak untuk diaspal. Karena sudah sangat lama rusak dan hingga saat ini belum pernah diaspal oleh pemerintah jadi untuk tahun ini atau tahun depan jalan itu harus dilakukan pengaspalan,"tutur Sayed. 


Menurutnya, kenapa jalan itu harus diaspal karena jalan itu berada ditengah pemukiman penduduk. Kemudian salah satu akses menuju ke pusat pendidikan, jadi mau atau tidak mau pemerintah harus melakukan pengaspalan jalan itu.


Sementara itu, Camat Manggeng Hamdani menyebutkan akan melakukan pengecekan apakah jalan itu sudah diusulkan dalam Musrenbang atau belum. "Ya nanti kita cek kalau sudah diusulkan akan menjadi prioritas pembangunan tapi kalau belum harus dibahas lagi dalam musrenbang kecamatan,"katanya. 


Diakui Camat, kalau Jalan Tokoh menuju SMP 3 Manggeng memang berada dalam kawasan pendidikan sehingga harus dilakukan pengaspalan. "Kita berdoa semoga tahun depan menjadi prioritas pembangunan,"demikian Hamdani, Camat Manggeng.()