Jadi Tersangka Penyerangan Brutal, John Kei dkk Terancam Hukuman Mati

Jadi Tersangka Penyerangan Brutal, John Kei dkk Terancam Hukuman Mati
Foto: Polisi merilis penangkapan John Kei dkk (Agung Pambudhy)

Jakarta - Polda Metro Jaya telah menetapkan John Kei dan puluhan anak buahnya sebagai tersangka dalam insiden penyerangan brutal di Perumahan Green Lake City, Tangerang dan Duri Kosambi, Jakarta Barat. Atas perbuatannya itu, John Kei dkk dijerat pasal pembunuhan berencana da terancam hukuman mati.

"Pasal yang diterapkan kepada para pelaku yaitu Pasal 88 KUHP terkait permufakanan jahat, 340 KUHP (tentang) pembunuhan berencana, Pasal 351 KUHP tentang penganiyaaan, Pasal 170 KUHP tentang perusakan, dan Undang-Undang Darurat No 12 tahun 1951," jelas Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (22/6/2020).

Dihubungi secara terpisah, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, John Kei dkk kini telah berstatus sebagai tersangka. John Kei dkk juga sudah ditahan di Polda Metro Jaya.

"Sudah (tersangka) dong. Sudah ditahan juga," kata Kombes Yusri ketika dihubungi.

Yusri mengatakan, John Kei Cs terancam hukuman mati atas pembunuhannya itu.

"Kalau yang terberat itu hukuman mati di pasal 340 itu kan ada pembunuhan berencana ya. Kita hitung terberatnya aja dulu," terang Yusri.

Yusri menyebutkan ancaman hukuman bagi para pelaku tersebut akan ditentukan berdasarkan peran masing-masing tersangka.

"Nanti akan sesuai dengan kesalahan dan peran masing-masing sesuai pasal yang dipersangkakannya," ujar Yusri.

Lebih lanjut, Yusri juga mengatakan pihaknya masih memburu tiga pelaku lainnya yang terlibat dalam kasus tersebut.

"Kita masih kejar sampai sekarang. Doakan semoga segera dapat," imbuhnya.

John Kei dkk ditangkap atas dugaan penyerangan di Perumahan Green Lake City, Tangerang dan pembacokan di Duri Kosambi, Jakarta Barat. Dalam kejadian di Duri Kosambi, seorang pria berinisial ER meninggal dunia.

Polisi menyebut, penyerangan ini dipicu dendam pribadi John Kei kepada Nus Kei, pemilik rumah di Green Lake City yang dirusak. John Kei merasa dikhianati oleh Nus Kei karena pembagian uang. Namun, polisi tidak menjelaskan lebih lanjut soal uang tersebut.

Sumber:detik.com
WTP Pemkab Pidie