Inikah Penyebab Baju Balap Quartararo Terbuka?

Inikah Penyebab Baju Balap Quartararo Terbuka?
Baju balap Fabio Quartararo terbuka saat balapan. Foto: Screenshot Trans7

Jakarta, Aceh Bisnis - Baju balap Fabio Quartararo terbuka menjelang balapan MotoGP Catalunya berakhir semalam WIB. Terbukanya baju balap Quartararo itu menyisakan tanda tanya, kok bis sih?

Insiden terbukanya baju balap Quartararo terjadi saat balapan tinggal lima lap lagi. Menurut aturan FIM, baju balap harus terpasang sepenuhnya sepanjang lomba berlangsung tanpa terkecuali, demi keselamatan sang rider. Akhirnya Quartararo mendapatkan penalti.

Quartararo sendiri tidak bisa menjelaskan bagaimana baju balapnya bisa terbuka. Dia bilang, ritsleting baju balapnya terbuka tanpa sengaja.

"Aku tak tahu apa yang terjadi. Aku hanya menyadari bahwa bajuku sudah terbuka di tikungan pertama saat saat balapan tersisa lima lap," ujar Quartararo kepada Autosport.

"Aku mencoba menariknya lagi ke atas, tapi tak bisa. Sangat sulit membalap dengan keadaan begitu, namun sayangnya itulah yang terjadi."

"Itu yang terjadi hari ini, jadi sekarang Alpinestars (produsen baju balap yang dipakai Quartararo) sedang mengecek mengapa itu bisa terjadi, sebab ketika sudah selesai, ritsleting-nya bisa ditutup lagi," jelas pebalap Yamaha itu.

Menurut The Race, kemungkinan baju balap Quartararo terbuka disebabkan oleh ritsleting tidak tertutup sepenuhnya ketika balapan dimulai. Hal itu membuat angin masuk ke bawah leher dan perlahan membuka ritsleting. Pada gilirannya, pelindung dada atau chest protector yang terdapat di dalam baju balap bergerak. Akhirnya Quartararo membuka baju balapnya dan melepas pelindung dada tersebut.

Karena insiden ini, Quartararo diberi hukuman penalti tiga detik. Hal itu membuat posisi finisnya turun ke urutan enam.

Quartararo dinilai melanggar aturan Pasal 2.4.5.2 FIM World Championship Grand Prix.

"Selama balapan MotoGP Catalunya, anda terlihat berkendara dengan ritsleting baju balap tak terpasang dengan benar dan tanpa pelindung dada yang diperlukan," bunyi pernyataan panel pengawas FIM MotoGP dalam surat kepada Quartararo.

"Ini merupakan pelanggaran Pasal 2.4.5.2 aturan FIM World Championship Grand Prix. Karena alasan-alasan tersebut, panel pengawas FIM MotoGP menjatuhkan penalti tiga detik dalam hasil balapan di MotoGP Catalunya," jelas pernyataan tersebut.

Sumber:detik.com