Ini Pesan Dandim Abdya Saat Membuka Kursus Orientasi MP Gerakan Pramuka

Ini Pesan Dandim Abdya Saat Membuka Kursus Orientasi MP Gerakan Pramuka
Foto: Istimewa

Blangpidie - Komandan Kodim 0110 Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Letkol Czi M Ridha Has, S.T. M.T Selasa (17/12/2019) membuka Kursus Orientasi Majlis Pembimbing (MP) Pejabat Kwatir Cabang Gerakan Pramuka Kwatir Cabang Kabupaten setempat yang berlangsung di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Blangpidie.

Letkol Ridha Has, selaku Anggota Majlis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Abdya pada kesempatan itu menyebutkan sebagai wadah pembinaan generasi muda hendaknya Gerakan Pramuka mampu menyesuaikan dengan perkembangan zaman yang semakin lama semakin berkembang. Sebagaimana tertuang pada visi Gerakan Pramuka yakni dengan adanya Gerakan Pramuka sebagai wadah bagi generasi muda.

Menurutnya, seiring dengan berkembangnya zaman dan segala problematika yang ada dapat menyebabkan berkurangnya minat peserta didik pramuka dalam berperan aktif dan ikut serta dalam kegiatan yang terdapat dalam Gerakan Pramuka tersebut. Padahal Gerakan Pramuka merupakan wadah bagi generasi muda sebagai wadah pendidikan moral, budi pekerti dan kepribadian sehingga mampu membentuk generasi muda yang memiliki karakter yang begitu melekat dan khas dalam kepribadian pramuka.

Dan hal tersebut, merupakan suatu cita-cita yang diharapkan oleh Gerakan Pramuka. Sebagai bukti kecintaan pemerintah terhadap kemajuan Gerakan Pramuka, maka pemerintah melalui legislatif mengeluarkan Undang-Undang Gerakan Pramuka Nomor 12 Tahun 2010, untuk dijadikan landasan hukum Gerakan Pramuka dengan harapan disamping memperkuat posisi Gerakan Pramuka, juga akan memberikan ruang seluas luasnya bagi warga Negara untuk bertanggung jawab membangun dan mengisi kebudayaan bangsa ini.

Masih menurut Ridha Has, Kursus Orientasi Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Aceh Barat Daya ini adalah jenjang pertama menuju kursus Pramuka berikutnya. Majelis Pembimbing adalah badan yang bertugas memberikan bimbingan dan bantuan yang bersifat moril, organisatoris, material dan finansial, menurut tingkatannya masing-masing.

Seperti Para Kepala Dinas dan Kantor memiliki perannya dalam rangka pembinaan Satuan Karya, seperti Saka Wirakartika pada Kodim, Saka Bhayangkara pada Polres, Saka Bhakti Husada pada Dinas Kesehatan, Saka Taruna Bumi pada Dinas Pertanian, Saka Wana Bhakti pada Dinas Kehutanan, Saka Kencana pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemberdayaan Perempuan dan Pemberdayaan Anak, Saka Bahari pada Dinas Kelautan, Saka Dirgantara pada Dinas Perhubungan, Saka Kalpataru pada Dinas Perkim dan Lingkungan Hidup, Saka Widya Budaya Bhakti pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Kemudian Saka Bina Sosial pada Dinas Sosial dan bahkan sekarang sedang digagas akan lahirnya Saka BPOM tentang makanan, Minuman dan Obat obatan.

Oleh karena itu, setelah Kursus Orientasi ini diharapkan mampu mengembangkan, menggali menerapkan dari hasil materi yang diberikan oleh para Narasumber nantinya.

"Kami berharap agar kesempatan emas ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin, karena setelah pelaksanaan Orientasi ini peserta diharapkan dapat menerapkan ilmu yang telah diperoleh di satuannya masing masing,"kata Dandim.

Sementara itu, Wakil Ketua Binawasa yang juga Ketua Panitia, Haji Husaini mengatakan, tujuan kegiatan dilakukan untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya kegiatan pramuka dan penyamaan persepsi dalam mendidik generasi anak-anak. Sementara peserta adalah para Kepala Sekolah SMA dan SMP, Kepala SKPD sebagai Majlis Pembimbing di Tingkat Dinas.()

WTP Pemkab Pidie