Ini Penyebab Dua Bus Sempati Star Terbakar di Terminal Batoh

Ini Penyebab Dua Bus Sempati Star Terbakar di Terminal Batoh

Banda Aceh, Aceh Bisnis - Sebanyak 2 unit Bus Scania Sempati Star yang terparkir di dalam terminal Batoh, Gampong Batoh, Kecamatan Luengbata, Kota Banda Aceh pada Sabtu (20/3/2021) sekira pukul 15.00 Wib terbakar.

Bedasarkan informasi yang dihimpun dari saksi teknisi bus, bahwa bus BL 7977 AA baru sampai semalam dari medan, dan setelah sampai pagi ini ada perbaikan di sistem eletrik pendingin AC namun kondisi bus tidak dihidupkan mesin.

Namun, berselang beberapa saat menjelang pukul 14.30 wib pekerja dan teknisi makan siang dan terlihat dari warung nasi asap mengepul dari Bus yang sedang dalam perbaikan tersebut.

Api yang membakar bus tersebut terus membesar dan menjalar ke bus yang berada tepat di sampingnya yang sedang parkir dalam keadaan rusak.

Melihat kedua bus tersebut terbakar, para teknisi dan warga disekitar panik dan meminta bantuan piket perhubungan menghubungi pihak pemadam kebakaran.

"Setelah mendapatkan informasi itu, pihaknya mengerahkan 5 armada pemadam 5 kelokasi kejadian,"kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Banda Aceh, Rizha di Banda Aceh.

Akhirnya, kata dia, pada pukul 15.40 wib api berhasil dipadamkan dan selanjutnya dilakukan upaya pendinginan.

"Dalam kejadian itu, tidak ada korban jiwa dan penyebab kebakaran diduga dari korseleting eletrik pendingin AC Bus, namun perkembangan lanjutan masih dalam penyelidikan pihak kepolisian,"pungkasnya.()