Imigrasi Langsa Deportasi Warga Kamboja

Imigrasi Langsa Deportasi Warga Kamboja
Warga Kamboja bersama perwakilan kedutaannya dan petugas Imigrasi saat proses pendeportasian di Bandara Sukarno Hatta.(Foto: Istimewa)

Langsa - Kantor Imigrasi Kelas II TPI Langsa, kembali melakukan deportasi terhadap 1 warga Negara Kamboja atas nama Chum Sreyphalla (28) ke negaranya melalui Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten, Rabu (15/1/2020).

Kepala Imigrasi Langsa, Darori mengatakan, warga Kamboja yang dideportasi tersebut melakukan pelanggaran administrasi keimigrasian yaitu masuk ke Indonesia tanpa memiliki izin dan dokumen resmi. Sehingga keberadaannya di wilayah Indonesian dikategorikan sebagai pendatang gelap.

Dikatakannya, warga negara Kamboja tersebut awalnya ditemukan pada saat Tim Pengawasan Orang Asing Kantor Imigrasi Kelas II TPI Langsa melakukan operasi pengawasan dan pendataan orang asing di wilayah Kabupaten Aceh Timur.

"Saat itu berdasarkan informasi diketahui bahwa WNA asal Kamboja tersebut telah berada di Indonesia sejak Mei 2018, dan tinggal bersama suaminya Muhajir yang merupakan warga negara Indonesia,"kata dia.

Selama berada di Indonesia, kata dia, warga Kamboja tersebut tidak memiliki dokumen dan izin tinggal yang resmi. Sehingga warga asing itu diamankan ke Kantor Imigrasi Kelas II TPI Langsa untuk proses pemeriksaan.

"Hasil pemeriksaan menetapkan warga Kamboja ini dikenakan sanksi Tindakan Administratif Keimigrasian berupa Pendeportasian berdasarkan pasal 75 ayat 2 huruf F Undang- Undang No. 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian. Selanjutnya, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Langsa melakukan Koordinasi dengan Duta besar Negara Kamboja di Jakarta untuk penerbitan Dokumen Keimigrasian yang bersangkutan,"jelasnya.

Kemudian, Tim Inteldakim Kantor Imigrasi Kelas II TPI Langsa melakukan tindakan pendeportasian terhadap WNA tersebut pada Rabu tanggal 15 Januari 2020 melalui Bandara Soekarno Hatta Tangerang - Banten, dengan menggunakan penerbangan City Link (QG-512) Pukul 10.55 WIB menuju Phom Penh Kamboja. ()