IKAT Aceh Salurkan Ribuan Paket Buka Puasa GratisĀ 

IKAT Aceh Salurkan Ribuan Paket Buka Puasa Gratis 

Banda Aceh, Aceh Bisnis - Ikatan Alumni Timur Tengah (IKAT) Aceh kembali menggelar kegiatan Maidatur Rahman atau berbagi sajian berbuka puasa secara gratis untuk umat muslim di sejumlah kabupaten/kota di Aceh selama bulan suci Ramadhan 1442 H/2021 M.

Ketua IKAT Aceh H. Muhammad Fadhillah, Lc. M. Us mengatakan, memasuki bulan Ramadhan, seperti tahun-tahun sebelumnya IKAT Aceh menyajikan hidangan buka puasa gratis untuk masyarakat Aceh. Kegiatan ini berlangsung sebulan penuh selama Ramadhan. 

"Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka berbagi kebahagiaan serta keberkahan bersama masyarakat Aceh," katanya.

Fadhilah menjelaskan, kegiatan ini terinspirasi dari Maidatur Rahman yang dilaksanakan di Mesir dan di beberapa negara Arab lainnya. 

"Tradisi positif tersebut terus mengilhami IKAT Aceh untuk berpartisipasi dalam memeriahkan bulan suci Ramadhan dengan mengadakan maidaturrahman setiap harinya pada bulan Ramadhan," ujar Fadillah didampingi Ketua Kafalah Ikat M. Fadhil.

Menurut pria yang pernah menempuh pendidikan di Universitas Al-Azhar, Mesir ini, di Negeri Piramida sendiri, tradisi Maidatur Rahman merupakan salah satu ciri khas utama bulan Ramadhan. 

"Kebiasaan tersebut diadakan hampir secara merata di seluruh penjuru Mesir. Tenda-tenda Maidatur Rahman yang menghiasi sebagian besar jalan-jalan utama Mesir dapat terlihat sepanjang bulan Ramadhan," katanya.

Jika pada tahun sebelumnya, kegiatan Maidatur Rahman hanya berlangsung di Banda Aceh, menurut Fadhillah, pada bulan puasa kali ini, program tersebut diselenggarakan di sejumlah kabupaten/kota seperti, Banda Aceh, Aceh Besar, Pidie, Pidie Jaya, Bireuen, Lhokseumawe, Aceh Utara, Langsa, Aceh Tengah, Gayo Lues dan Aceh Tenggara.  

"Melalui kegiatan ini IKAT Aceh mencoba untuk memperkenalkan rasa empati  dan menebar kasih sayang antar sesama manusia yang juga merupakan tujuan daripada Maidatur Rahman dilaksanakan. Setiap harinya, melalui kegiatan maidaturrahman ini IKAT Aceh menyiapkan hidangan berbuka puasa berkisar antara 60-90 paket per-hari," katanya.

Ia mengatakan, hidangan yang dibagikan tersebut merupakan sumbangan dari para donatur baik dari keluarga besar IKAT sendiri, maupun masyarakat umum.

"Ucapan terimakasih kami ucapkan kepada seluruh donatur/ muhsinin yang telah membantu dalam menyukseskan kegiatan ini. Serta ucapan terimakasih pula kepada seluruh Ketua/ Koordinator IKAT di seluruh kabupaten yang telah menyalurkan paket berbuka puasa ini kepada masyarakat Aceh. Semoga menjadi amal jariyah dan tambahan pahala di hari akhirat kelak. Amin Ya Rabbal ‘Alamin," ujar Fadhillah.

Iklan Kelender event 2021 Disbudpar aceh