Hujan dan Angin Kencang Hantam Abdya

Hujan dan Angin Kencang Hantam Abdya
Foto: Istimewa

Blangpidie - Hujan deras disertai angin kencang menghantam sejumlah Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Kamis (9/1/2020) menjelang magrib. Akibatnya, belasan rumah dan satu sekolah mengalami rusak setelah atap diterbangkan angin kencang.

Bukan hanya mengakibatkan rumah rusak, akibat hujan dengan intensitas tinggi yang disertai angin kencang dan petir hingga malam, juga mengakibat sejumlah perkampungan di wilayah Kabupaten Abdya terendam banjir.

Kemudian longsor terjadi di Kilometer 12 dan 13 Jalan Trangon, Kecamatan Babahrot, sehingga banyak warga yang terjebak tidak bisa dilewati bahkan sebatang pohon jambu tumbang ke rumah warga.

"Ya benar hujan deras, angin kencang melanda Kabupaten Abdya, sejumlah bangunan rusak parah,"kata Drs Amiruddin, Kepala BPBD Abdya kepada Wartawan Kamis (9/1/2020) malam. Menurutnya, saat hujan deras dan petir itu, juga disertai angin sehingga menghantam rumah warga di Desa Padang Baru dan Desa Pawoh, Kecamatan Susoh, Abdya.

"Selain banjir yang merendam rumah warga di sejumlah kampung, juga terjadi angin puting beliung di Kecamatan Susoh, yang mengakibatkan atap rumah warga hilang terseret angin,"sebut Amiruddin.

Sementara Ketua Tagana Abdya, Yasri mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan pengecekan langsung di lapangan untuk memastikan dampak akibat hujan deras dan angin kencang tersebut.

Yasri juga menyebutkan, pihaknya terus mengumpulkan informasi-informasi dari sahabat Tagana terkait kejadian angin tersebut.()