Honda City Hatchback Meluncur, Calon Pengganti Honda Jazz?

Honda City Hatchback Meluncur, Calon Pengganti Honda Jazz?
Honda City Hatchback. Foto: Dok. Honda

Bangkok, Aceh Bisnis - Honda resmi meluncurkan Honda City Hatchback. Hatchback terbaru Honda ini kemungkinan bakal menjadi pengganti Honda Jazz.

Honda City Hatchback meluncur pertama kali secara global di Thailand. Di negara itu, Honda City Hatchback ditawarkan dengan tiga varian, yaitu tipe S+ seharga 599.000 baht (Rp 279 juta), tipe SC 675.000 baht (Rp 315 juta), dan RS sebagai varian tertinggi dengan harga 749.000 baht (Rp 350 juta).

Secara tampilan, Honda City Hatchback mendapatkan wajah depan yang sama seperti versi sedan. Lampu depan, grill, kap mesin dan bumper identik dengan Honda City sedan. Itu juga berlanjut ke samping, garis karakter yang menonjol di atas handle pintu menghubungkan lampu depan dan belakang.

Di bagian belakang, perbedaannya antara Honda City Hatchback dan Honda City sedan pasti kelihatan jelas karena karakter bodinya yang memang tak sama. Atapnya mengalir ke belakang dan agak panjang untuk menunjang spoiler.

Honda City Hatchback Resmi Meluncur di Thailand Foto: Dok. Honda


Honda City Hatchback mendapatkan desain lampu belakang khas yang ramping. Selain itu, bumper belakang memiliki lips tersembunyi dan reflektor yang jauh lebih ramping di tepinya.

Honda City Hatchback Resmi Meluncur di Thailand Foto: Dok. Honda


Dari segi dimensi, hatchback ini berukuran panjang 4.345 mm (4.349 mm untuk varian RS), sehingga lebih pendek 208 mm dari versi sedan. Sementara tingginya 1.488 mm, naik 21 mm. Tidak ada perubahan pada lebar dan jarak sumbu roda, yang masing-masing tetap memiliki ukuran 1.748 mm dan 2.589 mm.

Beralih ke interior, Honda City Hatchback kurang lebih mirip dengan Honda City sedan. Mobil ini dibekali head unit touchscreen delapan inci yang terintegrasi dengan dasbor, bersama ventilasi AC yang besar. Ke bawah sedikit, ada kontrol sistem AC, power outlet, USB ports, dan ruang penyimpanan kecil.

Pada konsol tengah, terdapat dua cupholder, tuas persneling rem tangan dan lebih banyak area penyimpanan. Di hadapan pengemudi, masih ada instrumen cluster analog bersama dengan multi-info display (MID) antara speedometer dan tachometer. Setirnya sama seperti versi sedan dengan kontrol sejumlah tombol.

Honda City Hatchback Resmi Meluncur di Thailand Foto: Dok. Honda


Honda mengklaim, City Hatchback menawarkan legroom lebih besar daripada versi sedan. Honda menyebut hatchback ini hadir dengan Ultra Seats di mana terdapat empat pengaturan kursi belakang, utility, long, tall dan refresh mode.

Di bawah kap mesin, Honda City Hatchback menggunakan mesin 1.0 liter (998 cc) VTEC Turbo tiga silinder yang sama dengan sedan. Mesin itu menghasilkan tenaga 122 PS pada 5.500 rpm dan torsi 173 Nm dari 2.000 hingga 4.500 rpm. Mesin dikawinkan dengan transmisi (CVT) yang menggerakkan roda depan.

Bicara fitur, Honda City Hatchback tipe S+ hadir dengan lampu depan proyektor, grill depan krom, pelek 15 inci, interior hitam, jok kain, AC manual, keyless entry & engine start, idling stop system, head unit dengan empat speaker dan Bluetooth, empat airbag, Vehicle Stability Assist, Hill Start Assist, ABS, EBD dan Isofix.

Sementara Honda City Hatchback tipe SV ditambahkan lampu sein di spion samping, jok kulit, single-zone automatic AC, MID dengan lampu penerangan, kotak penyimpanan di konsol tengah, head unit delapan inci, dan kamera belakang dengan multi-sudut pandang.

Honda City Hatchback Resmi Meluncur di Thailand Foto: Dok. Honda


Honda City Hatchback RS sebagai varian termahal ditambahkan aksen hitam pada grille, shark fin antenna, spoiler, gagang pintu, spion samping, elemen rear diffuser, dan foglamp. Tipe ini juga mendapatkan pelek eksklusif 16 inci, kombinasi jok kulit/suede/kain, paddle shifter, cruise control, iluminasi merah untuk MID, dua power outlet untuk penumpang belakang, sandaran lengan di jok belakang, delapan speaker, Honda Connect dan enam buah airbag.

City Hatchback akan tersedia dalam enam warna di Thailand, termasuk Ignite Red Metallic, Platinum White Pearl, Meteoroid Grey Metallic, Sonic Grey Pearl, Crystal Black Pearl, dan Taffeta White. Ada juga rangkaian aksesori Modulo yang ditawarkan, dengan item seperti hiasan spoiler belakang, spatbor dekoratif, stiker pelek merah dan biru, pelindung gagang pintu.

Honda City Hatchback kemungkinan besar akan dibawa ke Indonesia. Rumornya, Honda City Hatchback akan menggantikan Honda Jazz. Terlebih, Honda Jazz terbaru yang sudah meluncur di Jepang dinilai kurang cocok untuk pasar Indonesia karena kurang sporty.

"Honda Fit yang diluncurkan saat Tokyo Motor Show yang lalu itu untuk pasar Jepang ya. Tentunya DNA Sporty yang melekat pada Honda Jazz harus diperhatikan," kata Yusak Billy selaku Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor saat konferensi pers virtual, Senin (16/11/2020) lalu.

"Kalau kita lihat untuk model hatchback ke depan DNA Sporty yang melekat itu model apa sih, bisa saja model baru lainnya."

"Yang penting DNA Sporty yang melekat di hatchback itu harus tetap ada, karena orang tau-nya Jazz itu ya sporty. Kita tunggu saja waktu yang tepat," ungkap Billy.

Sumber:detik.com
Iklan Kelender event 2021 Disbudpar aceh