Hindarkan Dari Kepunahan Penyu, Personel Koramil 01/Pulau Banyak Bantu Lepaskan Tukik ke Laut

Hindarkan Dari Kepunahan Penyu, Personel Koramil 01/Pulau Banyak Bantu Lepaskan Tukik ke Laut

Aceh Singkil, acehbisnis.com - Untuk menghindari terjadi kepunahan terhadap kelestarian penyu yang ada di Kecamatan Pulau Banyak,  Personil Koramil 01/Pulau Banyak bantu pemerintah  melepas ratusan tukik (anak penyu) ke pantai Teluk Nibung.

Pelepasan tukik yang dihasilkan dari hasil pelestarian dari Bumdes tersebut dipimpin  oleh Kabid Balai BKSDA ( Balai Konservasi Sumber Daya Alam )  yang berlangsung di pantai Teluk Nibung, Kecamatan Pulau Banyak, Kabupaten Aceh Singkil, Jumat (10/7/2020).

Kabid Balai BKSDA Aceh, Sapto Aji Prabowo, S.Hut, M.Si.mengatakan  bahwa penyu merupakan spesies yang telah ada selama lebih dari 100 juta tahun, kini berada di bawah ancaman. Enam dari tujuh spesies penyu di seluruh dunia sekarang diklasifikasikan sebagai satwa terancam punah dan aktivitas manusia kian mendorong penyu semakin dekat dengan kepunahan.

Pada kesempatan yang sama, Bamin Bakti TNI koramil 01/Pulau Banyak Serma S.P.Sitorus juga menjelaskan bahwa keikut sertaan personil Koramil 01/Pulau Banyak pada pelestarian penyu yang dilakukan oleh pemerintah daerah sebagai upaya  membantu pemerintah untuk menghindarkan wilayah Kecamatan Pulau Banyak dari kepunahan hewan penyu yang akhir - akhir ini memang sudah sangat memprihatinkan.

"Kelangkaan penyu yang terjadi saat disebabkan oleh tangan - tangan tidak bertanggung jawab yang dengan sengaja mencuri telur penyu untuk di jual, maupun dikonsumsi dengan tidak memikirkan keberlangsungan hidup hewan penyu tersebut," katanya.

Diharapkan nantinya tukik-tukik yang dilepas tersebut bisa hidup dan berkembang biak, sehingga ekosistem alam akan semakin terjaga dan bisa terjaga dari kepunahan,”tutup Serma Sitorus.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Kabid BKSDA Prov Aceh beserta Rombongan, Bamin Bakti TNI koramil 01/Pulau Banyak Serma S.P.Sitorus, Kasub Pos Polsek Pulau Banyak Barat Aipda Fahmi, DanPos TNI AL serda Agus dan Keucik Teluk Nibung Miswadi serta beberapa warga Pulau yang berada dipesisir pantai Teluk Nibung.