Harga Minyak Turun Menyusul Lonjakan Covid-19 di India

Harga Minyak Turun Menyusul Lonjakan Covid-19 di India
Ilustrasi tambang migas (iStockPhoto)

Jakarta, Aceh Bisnis - Harga minyak pada perdagangan Rabu (Kamis waktu Jakarta) turun untuk hari kedua ke level terendah dalam seminggu.

Penurunan harga minyak ini dampak dari peningkatan mengejutkan dalam persediaan minyak mentah AS dan kekhawatiran melonjaknya kasus COVID-19 di India akan menurunkan permintaan bahan bakar di importir minyak terbesar ketiga di dunia.

Dikutip dari CNBC, Kamis (22/4/2021), harga minyak mentah berjangka Brent turun USD 1,30 atau 2,0 persen menjadi USD 65,27 per barel. Sementara minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS untuk Juni ditutup 2,11 persen atau USD 1,32, lebih rendah pada USD 61,35 per barel.

Itu menempatkan kedua patokan harga minyak dunia tersebit berada di jalur untuk penutupan terendah sejak 13 April.

"Harga minyak turun hari ini karena ... perkembangan bearish memaksa pedagang untuk mengabaikan force majeure sebagian tetapi bullish Libya pada ekspor," kata Louise Dickson, Analis Pasar Minyak di Rystad Energy.

Dia menunjuk pada penumpukan persediaan minyak mentah AS dan terus meningkatnya infeksi COVID-19 di India dan negara lain.

India, pengguna minyak terbesar ketiga di dunia, pada hari Rabu melaporkan rekor peningkatan lain dalam jumlah kematian harian akibat COVID-19.

Iklan Kelender event 2021 Disbudpar aceh