Harga Emas Hari Ini, Sabtu 8 Mei 2021

Harga Emas Hari Ini, Sabtu 8 Mei 2021
Ilustrasi Logam Mulia (iStockphoto)

Jakarta, Aceh Bisnis - Harga emas memperpanjang reli, melompat lebih dari 1 persen ke minggu terbaiknya sejak November tahun lalu setelah penurunan tak terduga dalam pertumbuhan pekerjaan AS pada bulan April. Hal ini sekaligus mempercepat penurunan dolar dan imbal hasil Treasury AS.

Data jumlah pekerja AS naik hanya 266.000 pekerjaan bulan lalu, jauh dari ekspektasi. Hal ini akan membuat pengusaha kemungkinan besar frustrasi oleh kekurangan tenaga kerja saat ekonomi dibuka kembali.

melansir CNBC, Sabtu (8/5/2021), harga emas di pasar spot melonjak 1,2 persen menjadi USD 1,837.54 per ounce pada 09:58 EDT (1358 GMT), setelah melonjak sebanyak 1,5 persen ke level tertinggi sejak 11 Februari, pada USD 1.842.91. Naik 3,8 persen sejauh ini, emas berada di jalur untuk minggu terbaiknya sejak awal November 2020.

Harga emas berjangka AS naik 1,3 persen menjadi USD 1,838.80.

Dengan "kehilangan total pada angka (pekerjaan)," imbal hasil akan terkompresi untuk saat ini dan indeks dolar juga menembus di bawah level support, memungkinkan emas untuk melonjak, kata Phillip Streible, kepala strategi pasar di Blue Line Futures di Chicago.

Tapi reli harga emas mungkin berumur pendek karena data pekerjaan bulan depan bisa menunjukkan angka lebih tinggi, menyebabkan imbal hasil mulai meningkat, Streible menambahkan.

Indeks dolar memperpanjang penurunan pasca data, sementara patokan imbal hasil Treasury AS juga turun, diterjemahkan ke dalam biaya peluang yang lebih rendah untuk menahan bullion tanpa bunga.