Harga Emas Hari Ini, Sabtu 15 Mei 2021

Harga Emas Hari Ini, Sabtu 15 Mei 2021
Ilustrasi Harga Emas Naik (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Jakarta, Aceh Bisnis - Harga emas dunia memperpanjang kenaikannya dipicu pelemahan Dolar dan imbal hasil obligasi AS. Ini setelah data menunjukkan penjualan ritel AS terhenti secara tak terduga pada April 2021.

Melansir laman kitco, Sabtu (15/5/2021), harga emas di pasar spot naik 0,6 persen menjadi USD 1.838,05 per ounce, menuju kenaikan pada pekan kedua. Adapun harga emas berjangka AS ditutup 0,8 persen lebih tinggi menjadi USD 1.838,1 per ounce.

"Dolar dan imbal hasil tetap mendukung emas naik dalam waktu dekat," kata Suki Cooper, Analis di Standard Chartered.

Kecuali, jelas dia, terjadi koreksi jangka pendek. Kebijakan Fed yang dovish dan ekspektasi inflasi yang meningkat kemungkinan akan menjaga risiko harga emas cenderung menguat selama tahun ini.

Dua pemicu kenaikan harga emas, yakni imbal hasil obligasi 10 tahunan AS turun.  Sementara indeks dolar merosot 0,4 persen, membuat emas batangan lebih murah bagi mereka yang memegang mata uang lainnya.

"Data mengecewakan (penjualan ritel) juga membuka pintu bagi harga emas untuk menantang rintangan berikutnya di sekitar posisi USD 1.850 per oz," tambah Cooper.

Pembacaan ekonomi utama AS lainnya minggu ini menunjukkan kenaikan harga konsumen yang lebih besar dari perkiraan. Kemudian ada penurunan klaim pengangguran mingguan ke level terendah selama 14 bulan, meningkatkan kekhawatiran atas kenaikan inflasi dan prospek suku bunga yang lebih tinggi.

Sumber:Liputan6.com